RMP  Pengayaan Relawan Akal Sehat

0
115

PIONLINE, Kabupaten Bekasi – Pembekalan Pengayaan Peranan Relawan dalam Menghadapi Pilpres 2019 di Posko Sekber Satuan Tugas Badan Pemenangan Nasional Prabowo Sandi Kabupaten Bekasi.

Semangat akal sehat dan upaya keras merebut 75 persen suara masyarakat Kabupaten Bekasi untuk kemenangan Prabowo Sandi pengejawantahan dilakukan lewat pembekalan bertajuk “Peranan relawan dalam menghadapi kecurangan Pilpres 2019 bertepat di Kantor Sekretariat Bersama (Sekber) Relawan Pemenangan Prabowo Sandi untuk Kabupaten Bekasi Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi di Ruko Pasar Bersih, Jababeka Kabupaten Bekasi pada hari Sabtu tanggal 16 Maret 2019 pukul 13.00 hingga 17.00 WIB.

Ketua Sekber Prabowo Sandi Kabupaten Bekasi, Ir. Andri Marjoni menyatakan bahwa pada galibnya Sekber adalah wadah perjuangan dan aspirasi bagi para pendukung dan relawan Prabowo-Sandi di wilayah Kabupaten Bekasi dengan pengurus utama Ketua : Ir. Andri Marjoni, Sekretaris : H. Tatang Suardi dan Bendahara : S. Widi Karyaningsih.

Sementara itu, Penasehat Sekber Imam Hambali, S.Si juga menambahkan bahwa adanya Kantor Sekber Relawan ini diharapkan antara partai koalisi, pendukung, relawan dan tim BPN semakin mudah melakukan koordinasi. Sehingga, diharapkan kerja politik semakin solid dalam satu wadah,”

Dengan Pembekalan Relawan diharapkan menjadi semangat para pendukung dan relawan untuk meraih suara 75 persen untuk kemenangan Prabowo Sandi di Kabupaten Bekasi,” tegas Imam Hambali yang diamini oleh segenap pengurus sekber.

Rusdi Johan pemateri dari BPN Prabowo Sandi dan Chairul Anwar dari Diklat Sekber Jakarta Raya menguraipaparkan tentang :

*Tindak pidana pemilu (Kejahatan & Pelanggaran) diatur dalam Undang-Undang  Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum.

* Secara khusus tindak  pidana pemilu yang menjadi perhatian relawan adalah pada saat menjelang pelaksanaan hari pemungutan suara, saat pemberian suara, saat penghitungan suara serta pasca penghitungan suata di TPS.

*.Dalam upaya mengantisipasi terjadinya kecurangan pilpres keberadaan relawan sangatlah penting dan strategis. Dalam hal tertentu seorang relawan berkedudukan sebagai saksi dalam proses peradilan pidana maupun pemeriksaan di Mahkamah Konstitusi.

*Relawan harus siap dan mampu menjalankan tugas dan tanggung jawab yang diamanatkan semaksimal mungkin sesuai dengan Protap yang telah ditentukan.

Deteksi dini yang harus dilakukan relawan melalui DPT definitif per TPS, Pemilih riil dan tidak riil, verikasi atau audit investigasi ke RT dan RW, Bila ada temuan identifikasi dan dokumenrasikan melalui HP android masing yg memori sudah cukup terkondisi untuk menyimpan foto dan video, unggah via akun sosmed masing dan atau server yang sudah dikondisikan oleh BPN Prabowo Sandi di kota/kabupaten masing -masing.

Masih menurut Rusdi bahwa Peranan Relawan sebagai saksi hakekatnya :

* Saksi adalah orang yang mendengar, melihat atau mengalami sendiri secara langsung adanya suatu tindak pidana.

* Keterangan Relawan sebagai saksi atas dugaan tindak pidana pemilu akan diperkuat dengan pendapat ahli dan alat bukti surat.

* Dalam hal adanya dugaan tindak pidana pemilu yang diketahui oleh relawan maka untuk memperkuat pembuktiaan dibutuhkan adanya alat bukti surat semisal adanya DPT definitif atau pemilih piktif yang tidak sesuai dengan fakta di lapangan seperti pemilih yang tidak dikenal, pemilih ganda, pemilih disabilitas fiktif. (red)

Laporan: Agus Yusbiyadi MPI Bekasi

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here