Jumat Berkah, Jumat Bersedekah

0
53
H Ronggosutrisno Thahir

“Sesungguhnya hari yang paling utama adalah Jumat, maka perbanyaklah salawat kepadaku di dalamnya.” Demikian sebuah hadis diriwayatkan oleh Abu Daud, yang menyebutkan keistimewaan tentang hari Jumat.

Salamah dari Abu Hurairah ra, Nabi SAW bersabda, “Hari terbaik yang terbit padanya matahari adalah hari Jum’at. Sebab pada hari itu Allah Azza wa Jalla menciptakan Adam as. Dia memasukkan Adam ke surga, pada hari itu ia diturunkan ke bumi dan pada hari itu terjadi kiamat serta pada hari itu terdapat satu masa dimana tidak seorangpun berdo’a kecuali Dia akan mengabulkan do’a itu.” [HR.Muslim]

jika merujuk hadis diatas yang mengatakan bahwa pahala sedekah berlipat ganda. Maka sedekah pada hari Jumat sangatlah istimewa dibanding hari-hari lainnya dalam sepekan.

Keutamaan melakukan sedekah di hari Jumat jika dibandingkan dengan hari lainnya adalah karena bersedekah di hari itu sama halnya seperti sedekah di bulan Ramadhan.

Memang Sedekah. bisa dilaksanakan kapan pun bukan hanya di hari Jumat. Ibnu Qayyim berkata, sedekah pada hari Jumat dibanding dengan sedekah pada hari lainnya adalah seperti sedekah di bulan Ramadhan dibandingkan bulan-bulan selainnya. Bahkan ketika Jumat, Ibnu Taimiyah membawa apa yang dimiliki nya di rumahnya kemudian beliau sedekahkan dalam perjalanan menuju masjid untuk shalat Jumat secara sembunyi-sembunyi.

Hal ini menunjukan bahwa sedekah di hari Jumat adalah istimewa. Pahalanya dianalogikan jika kita bersedekah saat Ramadhan. Begitu Dahsyatnya sedekah Jumat membuat harta semakin berkah, InsyaAllah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here