INKA Bangun Pabrik Di Banyuwangi

0
60

PIONLINE, BANYUWANGI – Akhirnya PT. INKA resmi membangun perusahaannya di Banyuwangi, Jawa Timur. Minggu (31/3/2019), dilakukan ground breaking di Desa Ketapang, Kecamatan Kalipuro.

Direktur PT INKA Budi Noviantoro menjelaskan, lahan di Madiun sudah tidak cukup untuk dilakukan pengembangan. Akhirnya perusahaan dikembangkan di Banyuwangi setelah PTPN XII siap melepaskan lahannya. Luas lahan yang diperoleh PT INKA seluas 83 hektar.

“Bangunan yang pagi ini dilakukan ground breaking untuk workshop, masjid, museum dan produksi kereta api.Sesuai rencana sementara akan produksi dua kereta sehari,” jelasnya.

Nanti, kapasitas produksi bisa 4 kereta perhari plus lokomotifnya. Jumlah pekerja yang dibutuhkan kurang lebih 2000 orang dan diprioritaskan asal Banyuwangi.

“Pertengahan 2020 diharapkan sudah bisa produksi kereta. Untuk pekerja akan dikirim ke Swiss dan Amerika untuk menjalani pelatihan agar tambah mumpuni,” tambahnya.

Sekretaris BUMN Imam Apriyanto Putro mengatakan, keberadaan PT. INKA di Banyuwangi dalam rangka menjalankan harapan presiden agar BUMN tumbuh besar dan bersinergi. Karena perusahaan di Madiun yang telah berdiri sejak 1981 tersebut sulit untuk diperluas.

“Perusahaan yang di Banyuwangi akan fokus untuk ekspor.Dan yang di Madiun untuk produksi lain – lain. Pengembangan dari Madiun ke Banyuwangi ini juga lantaran jauh dari pelabuhan sehingga ongkos distribusi tinggi,” ungkap Sesmen BUMN.(red)

Laporan: Bams MPI Jatim

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here