Kepiting (Crab) Jojok Cilacap  (1)

0
78

PHONLINE, GARUT- Ketika disebut pulau nusakambangan. Benak kita pasti di sergap oleh pikiran dan imajinasi tentang sebuah pulau yang Angker, tak ramah, sangar dengan para penghuninya bertato di sekujur tubuh, bergelang akar bahar dan  bersuara parau.

Atau sebaliknya. Pulau yang para penghuninya memiliki tatapan mata lelah.Tanpa ekspresi, berbadan tipis. Serta bagi yang lanjut usia. Rambut, alis, kumis dan jenggot memutih. Pandangan matanya, bagai mata sapi, ikhlas penuh kepasrahan kepada suratan hidup.

Bisa jadi semuanya tidak begitu, rasa-rasanya semua imajinasi tentang Nusa kambangan tergantung kepada beck mail menerima imput tentang Pulau tersebut. Kemudian menterjemahkan dengan kearipan imajinasi.

Setengah mendekati kebenaran. Jika kita berimajinasi bahwa di Nusakambangan, kecuali petugas, penghuni lainya adalah 80% orang yang menyesali mengapa sampai bisa hidup di Nusakambangan, kemudian berjanji tidak mau untuk kali yang kedua menjadi penghuni pulau yang beberapa tahun lalu, setiap jam matrialnya di gempur Investor, kemudian di angkut ke cilacap untuk di gunakan sebagai bahan baku semen.

Jangan-jangan pulau nusakambangan, di kemudian hari tingal menjadi dongeng anak cucu. Lantaran Nusakambangan telah rata dengan permukaan laut.

Masih soal mistrial Pulau yang di ambil untuk bahan industry. Syukur jika AMDAL nya di yakin kan, tidak akan mengangu biota laut disekitar. Karena bagaimana pun biota laut di sekitar Nusakambangan merupakan sumber penghidupan masyarakat sekitar Pulau Nusakambangan. Terutama Desa Kuta waru atau yang di kenal  desa Jojok sebagai desa penghasil varitas Keoiting (crab) yang di kenal di Manca Negara.

Jika AMDAL tidak mengapresiasi kelestarian seluruh ekosistem hidup dan kehidupan sekitar. Bahkan akan mengganggu ekosistim dengan terancam nya biota laut. Sunguh mengenaskan. Dan siapa pun investor nya, bisa dikatagorikan sebagai pelaku Kejahatan Lingkungan. Dan dapat di perkarakan sebagai pelangaran tindak pidana kejahatan lingkungan. (hajironggosutisno)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here