TKSK Kutawaluya Akui Rangkap Jabatan Jadi PD dan PLD Jayakerta

0
84

KARAWANG, PIONLINE – Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Kutawaluya adalah seseorang yang diberi tugas, fungsi, dan kewenangan oleh Kementerian Sosial, melalui Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Karawang. TKSK tersebut dalam menjalankan tugasnya telah mengakui rangkap jabatan (double job).

Berdasarkan pangakuan, Asep Mi’raj, selaku TKSK Kutawaluya Kabupaten Karawang, pada Desember tahun 2018 lalu, mengatakan dengan secara terang terangan bahwa dirinya selama menjalankan tugas selain menjadi TKSK rangkap jabatan (double job) menjadi Pendamping Desa (PD) dan Pendamping Lokal Desa (PLD) dilingkungan Kecamatan Jayakerta.

“Selain melaksanakan dan atau membantu penyelenggaraan kesejahteraan sosial sesuai dengan wilayah penugasan di kecamatan Kutawaluya, Saya bertugas menjadi Pendamping Desa dilingkungan Kecamatan Jayakerta,”akunya.

Diketahui selaku TKSK dalam menjalankan tugasnya harus Sesuai Peraturan Menteri Sosial Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2013 tentang Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan. Sedangkan Pendamping Desa (PD) dan Pendamping Lokal Desa (PLD) bertugas mendampingi Desa dalam penyelenggaraan pembangunan Desa dan pemberdayaan masyarakat.

Selain itu juga, Pendamping Desa (PD) dan Pendamping Lokal Desa (PLD)  tugasnya untuk mendampingi Desa dalam perencanaan, pelaksanaan dan pemantauan terhadap pembangunan Desa dan pemberdayaan masyarakat Desa.

Sementara menurut salah seorang Pendamping Lokal Desa (PLD) yang enggan disebut namanya, mengatakan Pendamping Desa (PD) dan Pendamping Lokal Desa (PLD) dalam menjalankan tugasnya telah diatur oleh Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Trasmigrasi Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2015 Tentang Pendampingan Desa.

“Pendamping Desa (PD) dan Pendamping Lokal Desa (PLD) itu dituntut untuk fokus dalam menjalankan tugasnya agar tidak terpecah konsentrasi dan tidak melalaikan tugas pendampingan,”katanya.(red)

Laporan: Sulaeman MPI Karawang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here