Ban-gub 2019, Pemdes Kugandok Bangun Drainase

0
43

PIONLINE, KARAWANG – Geliat pembangunan yang melibatkan ribuan warga di desa-desa di Kabupaten Karawang, Jawa Barat terlihat semarak menyusul direalisasikannya dana Bantuan Provinsi (Banprov) Tahun 2019 yang disalurkan kepada masing-masing rekening Pemerintahan Desa.

Pemerintahan Desa (Pemdes) Kutagandok, Kecamatan Kutawaluya misalnya, memanfaatkan datangnya dana Banprov Tahun 2019 tersebut untuk membangun ratusan meter saluran drainase warga yang berlokasi di Dusun Junti Desa Kutagandok Kecamatan Kutawaluya, Karawang.

“Kami realisasikan dana bantuan provinsi (BanGug) ini untuk membangun saluran drainase, agar lingkungan warga lebih sehat dan indah,” ungkap Kepala Desa Kutagandok, H Adang, Kamis (30/05).

Panjang saluran yang dibangun kata Kades Kutagandok, H Adang mencapai 500 Meter dengan ketinggian 65 Cm. Drainase tersebut dibangun sepanjang jalan raya ditengah lingkungan warga, demi menciptakan lingkungan yang bersih. Selain itu pembangunan  drainase tersebut berguna untuk mengurangi kelebihan air dari suatu kawasan atau lahan, sehigga lahan dapat difungsikan secara optimal. “Fungsi drainase ini sebagai pengendali air kepermukaan dengan tindakan untuk memperbaiki daerah becek, genangan air/banjir,” imbuhnya.

Dengan adanya pembangunan drainase tersebut diharapkan juga mampu menahan tanah longsor atau amblas yang pada akhirnya drainase tersebut dapat memperkokoh pondasi jalan.

Ditambahkan Adang, dana yang digunakan untuk membangun drainase tersebut bersumber dari Bantuan Provinsi (Banprov) Tahun 2019. Sebelum membangun Drainase tersebut, Pemdes Kutagandok melaksanakan Musrenbangdes guna merumuskan rencana pembangunan yang dilaksanakan Tahun 2018. Kegiatan Musrenbang itu antara lain menampung aspirasi masyarakat yang menginginkan pembangunan drainase di dusun tersebut.

Setelah melalui proses penganggaran, akhirnya pada tahun anggaran 2019 ini pembangunan TPT sepanjang 500 Meter berhasil dilaksanakan Pemdes Kutagandok. “Mudah-mudahan hasilnya bermanfaat bagi masyarakat Desa Kutagandok,” ujarnya.

Untuk melaksanakan pengawasan pekerjaan di lapangan dalam membangun Drainase tersebut, Kades Kutagandok mempercayakan kepada Tim Pelaksana Kegiatan (TPK). Sementara, tenaga teknis atau tenaga tukang bangunan berasal dari warga setempat. (red)

Laporan: Yay MPI Jabar

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here