Orang Banten Bisa Jadi Kades Di Kabupaten Blora Jateng

0
86

PATRIOT INDONESIA – Mengenai syarat bahwa sebagai  cólon Kepala Desa salah satu nya harus terdaftar sebagai penduduk dan bertempat tinggal di desa setempat paling kurang 1 (satu)  tahun sebelum pendaftaran Calon Kepala Desa. Perihal ini diatur oleh Undang Undang No 6 tahun 2014 pasal 33 g dan pasal 50 ayat (1) hurup c.

Tahun 2017 Mahkama Kondtitusi (MK) “Mengabulkan permohonan para Pemohon (Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia) APDESI untuk sebagian. Pasal 33 hurup g dan Pasal 50 ayat (1) hurup c Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa  Bertentangan dengan Undang-Undang  Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945″.

Undang – undang Desa merupakan penjabaran lebih lanjutvdari ketentuan dalam Pasal 18 ayat (7) dan Pasal 18B ayat (2) UUD 1945, yaitu memberikan pengakuan dan penghormatan atas desa dalam kerangka NKRI, memberikan kejelasan status dan kepastian hukum bagi desa dalam sistem ketatanegaraan Republik indonesia demi mewujudkan keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia

“Hal ini sejalan dengan rezim pemerintahan daerah dalam pemilihan kepala daerah dan wakil kepala daerah yang tidak memberikan batasan dan syarat terkait dengan domisili atau terdaftar sebagai penduduk dan bertempat tinggal di daerah setempat”.

Keputusan MK (Mahkama Konstitusi) tahun 2017 ini, sangat memungkin kan warga Desa di Provinsi Banten dapat menjadi Calon Kepala Desa di salasatu Desa di Pevinsi Jawa tengah.

Catatan: Husin Wijaya Ketua Umum GAB

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here