Dr H Munawar Fuad Sosok Tepat Dampingi Bupati Eka

0
105
KH Ronggosutrisno Thahir

Bekasi merupakan Kawasan industri terbesar se Asia, namun harus diakui masalah ketenagakerja-an dirasakan masih belum mendapat perhatian yang proporsional walau Bekasi telah memiliki Bupati silih berganti. Namun perkara ketenaga kerja-an, para Bupati Bekasi belum begitu besar  menunjukan komitmen nya mengatasi pengangguran di Wilayah Daerah yang dipimpin nya.

Misal nya ada sekitar 172.412 warga yang berada di kawasan industri terbesar di Asia itu masih pengangguran. Ini merupakan angka yang di dapatkan dari pemerintah hasil pendataan Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2017 yang diperbaharui kembali pada Februari 2019. Angka itu sangat tinggi kata Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Bekasi, Edi Rochyadi.

Menyiasati perkara tingginya angka pengangguran itu pemerintah bakal mengeluarkan payung hukum berupa Peraturan Bupati (Perbup) Ketenagakerjaan. Di mana dalam aturan itu disebutkan bahwa perusahaan di Kabupaten Bekasi wajib merekrut tenaga kerja lokal sebanyak-banyaknya.

Tentu saja hal ini menjadi titik terang Kebijakan dan langkah Bupati. Perihal yang satu ini, sangat layak dan pantas mendapat apresiasi, tegas Dosen President University Dr H Munawar Fuad. Bupati Eka berkomitmen untuk memberi solusi masalah pengangguran. Payung hukumnya sudah diteken.

Dr H Munawar Fuad

 

Masalah utama dan prioritas di Bekasi adalah bagaimana Kepala Daerah bersama para pemangku kepentingan terkait mampu berkolaborasi dan bersinerji mengatasi masalah pengangguran. Akar masalahnya harus dicabut, sistem harus diperbaiki, virus mafia / calo tenaga kerja wajib diberantas dan terutama sumber daya insani warga nya kudu dibenahi dan dipersiapkan. Tegas Dr H Munawar Fuad Direktur Bekasi Industrial Society Association atawa Paguyuban Masyarakat Industri Bekasi.

Kabupaten Bekasi memiliki persoalan yang kompleks. Sehingga Tugas wakil itu tidak cuma ngebantuin Bupati Bekasi doang. Kabupaten Bekasi merupakan salah satu kawasan industri yang diklaim terbesar di Asia Tenggara dengan memiliki tujuh kawasan. Paling banyak pengangguran justru di Kabupaten Bekasi. Hal ini harus di maknai bahwa wakil Bupati juga harus ikut mempertimbangkan bagai mana menata Bekasi kedepan. Jika kita di hadapkan siapakah, yang pantas dan patut sebagai wakil Bupati Bekasi. Banyak dan ngebadeg banget  salahsatu diantaranya H Munawar Fuad  memang saya mengenal H Munawar Fuad yang putra  Bekasi ini Cuma dari berbagai macam gagasan nya yang tertuang dalam tulisan nya.

Catatan Ringan KH Ronggosutrisno

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here