Danau Cipule; Keajaiban Bekas Galian Pasir

0
60
KH Ronggosutrisno

Yang tersisa dari penambangan pasir besar-besaran beberapa puluh tahun silam itu, kini bernama Situ atawa Danau Cipule yang luas nya tak kurang 90 hektar dengan kedalaman air dari dua meter sampai 20 meter.

Sumgguh Tak terbayang kan. Jika Puluhan Hektar sisa galian pasir itu tak di genangi Air. Pasti bakal  menyeramkan, dengan hamparan tanah berlubang kedalaman 20 meter menga-ngah takberaturan siap menerkam siapapun yang terperosok kedalam nya.

Danau Cipule sering disebut juga Danau Tobanya Karawang. Demikian banyak orang mengatakan tentang situ Cipule. Situ atawa Danau yang berada di tepian Sungai Citarum, tidak seberapa jauh dari waduk walahar di Kecamatan Ciampel, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, berjarak sekitar 20 kilometer dari pusat kota Karawang, pendek kata Danau Cipule menyuguhkan keindahan wisata air dengan suasana yang Eksotik

Danau ini dijadikan venue lomba dayung pada perhelatan SEA Games 2011. Danau Cipule juga memiliki pulau yang berada ditengahnya dengan luas sekitar 2.000 meter persegi. Keberadaan pulau ini konon banyak menarik wisatawan untuk berkunjung ke Danau Cipulee.

Harap menjadi Catatan jika debit air di Danau Cipule naik, maka Pulau ini tidak dapat dikunjungi lantaran pulau di tenggelam kan oleh genangan air situ Cipule. arti nya tidak setiap saat pengunjung dapat menikmati Pulau ini.

Jika bupati Karawang dan dinas terkait memaksimalkan akses jalan menuju ke Danau Cipule. Dapat dipastikan Wisata Danau Cipule bakal menjadi destinasi Parawisata air yang eksotik dan akan banyak mengundang wisatawan domestic dan mancanegara.

Oleh: KH Ronggosutrisno

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here