Rembang Mengembangkan Inovasi Dengan Menggali Potensi Daerah   

0
541

PIONLINE, REMBANG – 27 Juli 2019 adalah tepat dengan hari jadi Kabupaten Rembang ke 278.   Bertempat di halaman pendopo museum Kartini upacara peringatan hari jadi Rembang di adakan.

Jajaran pemerintah, siswa SD,SMP, SMA mengikuti pelaksanaan upacara tersebut. Bupati H. Abdul Hafidz, wakil bupati H.Bayu Ardiyanto, Sekda Rembang, dan semua jajaran OPD melaksanakan upacara dengan memakai pakaian adat busana jawa.

Dalam rangkaian perhelatan upacaranya pun menggunakan bahasa jawa. Tak ketinggalan istri para pejabat pemerintah kabupaten, ternasuk istri bupat Hj. Hasiroh Hafidz dan istri wabup Vivit Bayu Ardiyanto.

Dalam sambutan Bupati sedikit mengisahkan tentang sejarah kabupaten Rembang melawan penjajah, Namun yang terpenting sekarang ini kabupaten Rembang harus bisa lebih melawan kemiskinan dan berjuang untuk bergerak mengikuti perkembangan teknologi dan jaman.

Lebih lanjut bupati juga menyampaikan jika sejumlah upaya telah di tempuh Pemkab untuk memakmurkan rakyatnya.

Diantaranya program renovasi rumah tidak layak huni (Rutilahu), Program Keluarga Harapan (PKH), program bantuan pangan non tunai ( BPNT) serta program pendidikan dan kesehatan gratis. Program koin amal lansia juga telah di jalankan untuk melindungi warga Rembang yang sudah renta.

Pendamping OPD dan pendampingan kuliah kerja nyata (KKN) tematik juga salah satu faktor pendudung dalam mengurangi jumlah warga miskin.

Dari jumlah tersebut bardasarkan data badan statistik (BPJS) angka kemiskinan 18, 35% di tahun 2027 , turun menjadi 15,31% . Penurunan tersebut seiring berjalanya program – program pada tahun 2029 .

Dari sisi investasi terus mengalami kenaikan yg sangat siknifikan. Di tahun 2015, mulai dari 3,3 triliu, meningkat menjadi 7,7 triliyun di tahun 2018. Untuk status desa tertinggal dari 138 titik, kini di tahun 2019 tersisa 8 desa.

Pada moment hari jadi di tahun 2019 ini mengambil tema Menggali potensi mengembangkan inovasi. Menjadi sebuah do’a dan juga harapan untuk menjadi kota yang sangat maju yang di imbangi dengan kemajuan di segala bidang dan aspek pembangunan. Karena banyaknya potensi di kabupaten Rembang perlu di gali demi terciptanya kemajuan di kabupaten Rembang. Setelah upacara selesai di lanjutkan dengan kirab dari pendopo museum kabupaten menuju alun – alun kota Rembang yang di iringi dengan arakan gunungan siwalan dan legen, yang merupakan buah dan minuman khas kabupaten Rembang.

Dikirim: Tan dan Sis MPI Rembang

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here