Eksotik nya Air Terjun Palutungan Kuningan Jawa Barat

0
474

PATRIOT, KUNINGAN – Destinasi pariwisata Air terjun Curug Putri dan Jurang Landung letak nya memang tidak berjauhan berada dalam kawasan hutan wisata Palutungan, Cisantana. Berada di dataran tinggi kota Kuningan pasti akan membuat siapa pun bakal bedecak Kagum betapa exotik nya panorama alamnya yang indah nan seksi itu.

Hanya sekitar 25 menit saja dari kota kuningan, anda sudah bisa sampai ke gugusan hutan pinus palutungan. Baik ditempuh dengan mengendarai mobil atau pun motor, akses serta ruas jalan mulus dengan kiri kanan jalan nampak liukan pepohonan akan menghantar anda sampai di Desa Cisantana, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan.

Sungguh dataran tinggi Kuningan memang memiliki area pegunungan yang indah penuh pesona, Panorama alamnya yang menawan dan meiliki banyak danau, sungai, hingga wisata pegunungna sangat menjanjikan sebagai destinasi wisata. Unggulan di Jawabarat

Konon Penyebutan Curug Putri merujuk pada legenga seorang noni atau nona dari kelas bangsawan kolonialisme Belanda. Memang ada hikayat bahwa sesekali bentuk fisik air terjun itu tampak menyerupai Noni belanda yang mengenakan gaun panjang. Ada pula yang menyebut, curug itu dahulu merupakan tempat noni-noni Belanda bermain air atau mandi. Dalam hikayat yang melagenda di tengah masyarakat, Air terjun curug putri ‘dijaga’ seekor ular raksasa yang ramah dan bersahabat, demikian kisah yang hidup di masyarakat kuningan.

Sebelumnya, kawasan ini hanyalah berupa hutan lindung yang dikelola Perhutani. “Saat ini, Bumi perkemahan atawa Taman wisata Palutungan dikelola Balai Taman Nasional Gunung Ciremai (BTNGC). Saat ini Kami pihak ketiga yang menjadi mitra BTNGC dalam usaha jasa pelayanan wisata alam di sini,” Jelas lelaki ramah yang biasa disapa Kang Toto kepada patriotindonesia.

 

Kang Toto/Pengelola

Aman Untuk Anak-anak. Walaupun air terjun nya cukup deras, namun luasnya kolam membuat kawasan ini terasa tenang. Bentuk tanah di kolam juga berundak-undak, mulai dari yang dalam hingga dangkal. Kontur ini aman untuk anak-anak jika ingin mengajak bermain air di kolam.

Di taman wisata Patulungan ini juga terdapat banyak hal yang memarik. Mulai dari rumah melayang, sangkar burung, dan beragam bangunan yang ci cat warna warni. Soal kuliner ada Tempat makan dan ada juga semacam bungalau. Lantas untuk masuk ke objek wisata Palutungan ini anda cukup mengeluarkan uang sebesar Rp 20.000 / orang, untuk akhir pekan dan Rp 15 000 untuk hari biasa.  Demikian Taman Wisata Palutungan. (red-abah)

Ditulis : Sayuti GAB/kontributor MPI Kuningan   

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here