Laut Jakarta utara Sebagai Ruang Sosial dan Kultural

0
99
KH Ronggosutrisno Thahir

PIONLINE – Saya yakin Gubernur Anies Baswedan bakal menunjukan kecermatan nya dalam menentukan siapa yang pantas dan Patut menggantikan Syamsuddin Lologau yang telah memasuki masa pensiun sebagai Walikota Jakarta Utara.

Menjadi Walikota Jakarta utara tidak cukup memiliki skiil leadership. Tetapi harus mampuh menerjemahkan konsep besar Gubernur Anies Baswedan menata Jakarta yang memiliki panjang pantai tidak kurang dari 30 KM yang membentang  dari  Kamal Muara sampai ujung timur Marunda.

Menjadi Walikota Jakarta utara memang tidak cukup hanya  memiliki skill leadership, harus ditambah kompentensi, setidaknya punya sedikit pengetahuan tentang pantai dan memiliki skill diplomatik. Untuk mengkomunikasikan persoalan Jakarta utara dengan lembaga dunia dan perwakilan Negara sahabat yang mempunyai keduta-an besar di Jakarta.

Selanjutnya sebagai pembantu Gubernur bisa bertindak sebagai interpreaneur yang mampuh menjadikan wilayah Jakarta utara sebagai komoditas yang biasa menarik wisatawan dan investor dalam dan mancanegara.

Lebih dari itu semua, Walikota jakarta utara. Harus memahami, bahwa laut Jakarta utara adalah bagian dari ruang social dan cultural, misalnya nya saja di sepanjang laut jakarta utara ada Nelayan, Pelabuhan komersial dan pelabuhan Meliter (AL). Maka jika kemudian kekuatan-kekuatan laut tersebut diberdayakan, maka akan meningkatkan kesejahteraan dan keamanan Ibu kota  Negara. Sebaliknya, jika kekuatan-kekuatan laut tersebut diabaikan akan berakibat kerugian bagi suatu Negara atau bahkan meruntuhkan Negara tersebut. (Indrita Hardiana SH dan Benecdita T Sip)

Ahirnya saya yakin Anies bakal mampuh menentukan siapa yang pantas dan patut menjadi Penghulu Kota Jakarta utara menjadikan laut jakarta utara sebagai begian ruang social dan cultural. Demikian Membangun Jakarta sebagai kota besar yang sejajar bahkan memiliki ke lebihan dari kota-kota besar dunia.  (KH Ronggosutrisno) koja 23 agustus 2019

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here