Sosialisasi Patuh Jaya 2019 Satlantas Restro Bekasi

0
67

PIONLINE, BEKASI – Kembali Unit Dikyasa Sat lantas Polres Metro Bekasi melaksanakan kegiatan Pendidikan Masyarakat atau Bimbingan dan Penyuluhan (Dikmas/Binluh) dalam rangka ” OPS Patuh jaya  2019 ” di SMKN1 Cikarang Selatan pada hari ini Senin, 9 September 2019 jam 07.00 WIB sampai dengan selesai.

Kegiatan dikmas/ binluh tersebut di hadiri oleh Kepala Sekolah SMKN 1 Cikarang Selatan Hoyadi Kurniawan S.Pd, M.Si beserta jajaran guru SMKN 1 Cikarang Selatan, Kasubnit  Dikyasa Ipda Pol. Asep Saepulloh bersama anggota dan diikuti kurang lebih 600 siswa-siswi.

Rangkaian kegiatan dikmas / binluh tersebut diawali dengan Upacara bendera setiap hari Senin yang sudah biasa dilakukan, dalam upacara tersebut I Kasubnit Dikyasa Sat Lantas Polres Metro Bekasi Ipda Pol. Asep Saepulloh bertindak sebagai inspektur upacara dimana dalam amanatnya memberikan beberapa arahaan sebagai berikut :

– Menekankan kepada siswa – siswi SMKN 1 Cikarang Selatan untuk selalu mematuhi tata tertib berlalu lintas di jalan raya, terutama yang dalam berangkat dan pulang  sekolah menggunakan kendaran bermotor utamanya sepeda motor.

– Lenhkapi semua surat-surat berkendara, lengkapi juga perlengkapan kendaraan bermotornya seperti spion, helm SNI, lampu utama harus hidup, pakai jaket dan sepatu dalam berkendara agar lebih safety.

– Selalu patuhi rambu-rambu dan tata tertib yang ada di jalan raya selalu bertetika dalam berkendara sopan santun saling menghargai atau menghormati dengan pengendara lainnya serta sabar dalam berkendara itu kuncinya.

– Jangan melanggar peraturan berlalu lintas karena dengan pelanggaran akan mengakibatkan kecelakaan yang akan merugikan diri sendiri dan orang lain. Dengan kecelakaan hasilnya ada yaitu masuk rumah sakit dan Masuk kuburan atau  meninggal dunia.

Kasubnit juga  menghimbau agar selalu patuhi tata tertib berlalu lintas, sebagai generasi melenial seharusnya bisa menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas di jalan raya baik bagi dirinya sendiri dan orang lain

Dalam kesempatan Dikmas/Binluh tersebut Kasubnit juga mensosialisasikan tentang Ops Patuh Jaya 2019 yang sudah berlangsung dari tanggal 29 Agustus dan akan berakhir pada tanggal 12 September 2019, dimana ada 8 pelanggar yang ditindak utamanya yang biasa sering di langgar siswa-siswi yaitu yang sering dijumpai  penggunaan HP saat berkendara di jalan raya, bermocengan lebih dari 2 penumpang tanpa menggunakan helm SNI, lawan arus dan pelanggaran lainnya, imbuh Asep.

Diakhir arahannya Kasubnit Dikyasa Sat Lantas Polres Metro Bekasi mengajak para siswa-siswi SMKN 1 Cikarang Selatan yang merupan generasi muda milenial dan juga sebagai penerus bangsa dan negara ini untuk bisa menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas, serta bisa menjadi duta keselamatan beralalu lintas untuk teman- temannya di sekolah maupun di lingkungan rumahnya seperti orang tua dan saudara-saudara serta tetangganya.

Selanjutnya selepas kegiatan upacara selesai diteruska dengan pemaparan tentang tata tertib lalu lintas oleh Anggota PKS (Patroli Keamanan Sekolah) kepada teman-teman sendiri di aula sekolah, dengan pemaparan tersebut diharapkan para siswa-siswi bisa selalu tertib berlalu lintas baik di lingkungan sekolah maupun di tempat tinggalnya.

Kepala Sekolah Hoyadi Kurniawan S.Pd, M.Si,   sangat mengapresiasi kegiatan tersebut yang dilakukan anak didiknya terutama anggota  PKS (Patroli Keamanan Sekolah) yang bisa memberikan contoh serta menggetoktularkan pengetahuan tentang tata tertib berlalu lintas kepada teman-teman yang lain di SMKN1 Cikarang Selatan ini, karena pendidikan tentang lalu lintas tersebut belum masuk kurikulum dalam kegiatan belajar mengajar , untuk

Hoyadi berharap kedepannya kegiatan seperti dikmas/binluh ini untuk selalu digalakkan dan di tingkatkan lagi, harapnya.(red)

Laporan: Agus Yusbiyadi MPI Bekasi

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here