SDN1 Kubang Butuh Cepat Penanganan Pemerintah

0
23

PIONLINE, BREBES – Aset terbesar suatu bangsa adalah membangun generasi Tangguh,Cerdas dan Berkarakter itulah sebuah konsensus dari guru yang melekat di pundaknya.

Beban ini sungguh memang sangat berat karena harus mampuh menyatukan keberagaman berfikir anak didik,wali murid dan kontrol dari masyarakat.

“Heppy saja dalam menjalankannya” Ujar Daunah,Sp.d yang di temui Patriot di sekolahnya (14/8).

Saat masuk untuk mengomandani SDN 1 Kubansari diapun terperanjat,ternyata tidak seperti apa yang di bayangkan,keadaan sekolahnya yang berjarak 3Km dari kota kecamatan sungguh memprihatinkan.

” Butuh penataan dan perhatian dari pemerintah agar sekolah ini dalam belajar mengajar ada kenyamanan” lanjutnya sambil mengajak muter di tiap kelas.

Dari penglihatan langsung terlihat jelas,bukan saja kramik di emper kelas yang tambalan semen bahkan di berbagai sudut ruang kelas sama keadaannya,rusak parah dan pecah- pecah.

Belum juga rasa terkaget sirna,dia ( Kepala Sekolah,red ) menunjuk suatu bangunan kecil di sudut gedung yang ternyata bangunan WC hanya dua ruangan yang di sediakan untuk 213 siswa. Jelas sangat tidak standart untuk di gunakan siswa sebanyak itu.

” Itu salah satu prioritas untuk di realisasikan, proposalnya yang di ajukan belum juga ada tanda- tanda realisasi.Kami menunggu kejelasan dari dinas terkait ” paparnya dengan penuh harap dengan mata berkaca – kaca larut dalam kesedihannya.

“Saya berencana membangun Enam toilet lagi agar tidak berebut saat siswa menggunakannya ” tukasnya.

Sementara itu, ada rungan kelas yg temboknya menganga dan lantainya serta jendela rusak..ini sangat mengkhawatirkan dan memprihatinkan..

“Ruangan ini dari dinas di minta untuk bongkar total,tp bagaimana siswa di tempatkannya jika total di bongkar” Suaranya agak serak dan sempat menarik nafas seakan ada berkecambuk ingin segera melakukan aksi melakukan penataan namun apa daya dana yg tersedia sangat jauh dari cukup.

Harapan besarnya ruangan yang telah parah ini bisa di perkuat dan di dak tdk harus di gendeng. ” Biar permanent dan berkelanjutan di tingkat ” sorongnya.

SDN1 Kubangsari yang masuk wilayah kecamatan Ketanggungan masih nampak suram karena bangunan lama.Jadi sebenarnya butuh pembangunan secara total agar benar – benar menjadi lingkungan pendidikan yang asri,nyaman dan prestisius..

Pemerintah melalui UPTD Pendidikan via penilik sekolah seharusnya segera ambil langkah progresif memberi solusi taktis untuk menghindari hal – hal yang tidak di inginkan ( ambruknya gedung,red).

bisa di ketahui meja kursipun sudah tak layak pakai, akibatnya siswa tak menemukan kenyamanan dalam belajar.

Sepertinya sekolah ini harus menjadi skala prioritas di tahun 2020.Rehab Gedung( Ruang Kelas Baru ),Meubeler,Bangunan WC/Toilet siswa serta Kramikisasi serta taman hijau sekolah.

Penanganan serius harus bisa di wujudkan sesegera mungkin.

Pihak sekolah dan Komite bahkan masyarakat berusaha agar pemerintah jangan hanya memberi harapan saja dan alokasi dana bisa di cepat cairkan untuk proposal yg di ajukan.

Daunah,yang baru memasuki tahun pertama di sekolah tersebut meminta semua jajaran intansi terkait mentunaikan harapannya,agar kebutuhan atas kenyamanan ajar belajar.

Generasi muda..Generasi cerdas berkarakter mulia..bukan hanya ueforiasemata tapi Ueforia Nyata.

Laporan: Mohammad Riyadi MPI Biro Brebe

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here