Musrenbang Pemdes Talagajaya Prioritaskan Pembangunan

0
443

KARAWANG, PIONLINE Musrenbang Desa yang dilaksanakan Pemerintahan Desa Talagajaya Kecamatan Pakisjaya Kabupaten Karawang, prioritaskan sarana prasarana infrastruktur pembangunan di berbagai sektor. Musrenbang digelar di aula Kantor Desa Talagajaya, pada hari Jum’at (20/09/19).

Dengan digelarnya Musrenbang Desa dengan tujuan dapat mensinergikan dan menyepakati prioritas usulan – usulan masalah yang berasal dari masyarakat lingkungan Desa yang menjadi skala pelayanan untuk satu tahun mendatang.

“Kegiatan ini diadakan sebuah wadah/forum dalam mengambil keputusan bersama dalam rangka menyusun program kegiatan pembangunan tahun berikutnya,”ucap Naja Nurjaya, SE, sebagai Kepala Desa Talagajaya.

Menurutnya, musrenbang dilakukan sebagai upaya mendorong kemajuan dan meningkatkan kesejahteraan secara utuh dan menyeluruh sehingga tidak boleh muncul egosektor dan egolingkungan dalam menentukan prioritas kegiatan pembangunan.

Lanjutnya, mengatakan dilakukan musrenbang dalam upaya untuk mendorong individu dan kelompok yang paling terlupakan untuk menyampaikan aspirasi dan pendapatnya, terutama kelompok kurang mampu, perempuan dan generasi muda.

“Dalam musyawarah, tidak boleh ada individu/kelompok yang mendominasi sehingga keputusan – keputusan yang dibuat melalui proses musyawarah semua komponen masyarakat secara seimbang,”ujarnya.

Peserta musrenbang Desa, kata, Naja Nurjaya, SE, dari berbagai kalangan, diantaranya kelompok masyarakat dengan hak yang setara untuk menyampaikan pendapat, berbicara, dan dihargai meskipun terjadi perbedaan pendapat. 

“Siapapun memiliki kewajiban yang setara untuk mendengarkan pandangan orang lain, menghargai perbedaan pendapat, dan juga menjunjung tinggi hasil keputusan bersama,”pungkasnya.(red)

Laporan: Sulaeman  MPI Karawang

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here