UPTD Puskesmas DTP Kutawaluya Gelar GERMAS

0
279

KARAWANG, PIONLINE UPTD Puskesmas DTP Kutawaluya, Kabupaten Karawang, gelar acara Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) dalam temu para kader yang diselenggarakan rangka sosialisasi hidup sehat tahun 2019, Desa se-Kecamatan Kutawaluya. Kegiatan tersebut dibuka secara langsung Camat Kutawaluya, Kamis (10/10/19).

Temu kader yang diselenggarakan di halaman Kantor Desa Sampalan Kecamatan Kutawaluya, yang di selenggarakan UPTD Puskesmas DTP Kutawaluya. Dalam acara tersebut diikuti oleh para kader GERMAS yang ada di wilayah Kecamatan Kutawaluya Kabupaten Karawang.

Camat Kutawaluya, Drs. Rohman, M.Si, dalam sambutannya menyampaikan, kegiatan temu kader GERMAS di Kecamatan Kutawaluya merupakan suatu tindakan sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup. 

“Kita harapkan para kader bisa terus membantu Pemerintah Daerah untuk memasyarakatkan gerakan hidup sehat. Hal ini dalam pelaksanaannya harus dimulai dari keluarga, karena keluarga adalah bagian terkecil dari masyarakat yang membentuk kepribadian,”katanya.

Kepala UPTD Puskesmas DTP Kutawaluya, dalam sambutannya yang diwakili, Khaerul Anwar, sebagai Kepala Sub Bagian Tata Usaha (Ka Subag TU) menyampaikan, dengan dicanangkannya GERMAS agar masyarakat dilingkungan Kecamatan Kutawaluya bisa hidup sehat. 

“GERMAS dapat dilakukan dengan cara melakukan aktivitas fisik, dengan mengonsumsi sayur mayur buah-buahan, tidak merokok dan meminum alkohol. Sedangkan GERMAS dalam pelaksanaannya tidak bisa hanya mengandalkan peran sektor kesehatan saja, tetapi harus dimulai dari individu, keluarga, dalam mempraktekkan pola hidup sehat, selanjutnya bisa ditunjang peran serta seluruh lapisan masyarakat,”ucapnya.

Lanjutnya, ia mengatakan dalam kehidupan sehari-hari, praktik hidup sehat merupakan salah satu wujud Revolusi Mental. GERMAS mengajak masyarakat untuk membudayakan hidup sehat, agar mampu mengubah kebiasaan-kebiasaan atau perilaku tidak sehat.

“Secara khusus, GERMAS diharapkan dapat meningkatkan partisipasi dan peran serta masyarakat untuk hidup sehat, meningkatkan produktivitas masyarakat, dan mengurangi beban biaya kesehatan,”pungkasnya.(red)

 

Laporan: Sulaeman MPI Karawang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here