108 Desa Brebes Siap Pilkades E- Voting

0
29

PIONLINE BREBES Benarkah cara Pemilihan Kepala Desa dengan e voting akan tertunda…? Demikian ada rumor berkembang di sebagian masyarakat di 108 Desa se Kabupaten Brebes yang akan menggelar hajat partisipasi politik  dalam memilih calon pemimpin terbaik di desanya.

“Tidak perlu ragu panitia pilkades jalan terus,ini keputusan besar” Komentar Cecep Camat Tonjong yang asli Bandung menerangkan.

Dalam konsep ini,Aris Vindar Loade yakin bahwa proses pilkades di putaran kedua bulan Desember 2019 bisa berjalan.Disampaikan di kesempatan bincang denga awak media bahwa beberapa hal telah melakukan orientasi dan kerjasama.

” Siap di sosialisasikan pada masyarakat sistem e-voting ” ujarnya sebagaimana di tulis BrebesNews ( Juli- red ). Beberapa tahapan telah di mulai termasuk di bukanya pendaftaran ( 7-14/10. red ).Beberapa desa telah di Kecamatan Ketanggungan mulai menerima pandaftaran.

Sodikin dari panitia kecamatan menyebutkan ada 8 desa yang berproses.

” Semuanya tak terkecuali dengan cara e voting ” jelasnya.Lebih lanjut beliau menguraikan bahwa Pemda Brebes telah melakukan kerjasama dengan BPPT Badan Penerapan Pengkajian Tekhnologi

” BPPT merupakan sebuah badan atau lembaga yang telah memiliki sertifikat alat – alat e voting” papar Laode di kesempatan Bintek kesiapan pilkades era digital.

Barang kali sampai saat inipun masih banyak yang calon pemilih masih menganggap cara tersebut masih membingungkan.

Namun hal iti di bantah oleh para pemilih di pemalang yang telah lebih dulu melaksanakan.

” Kami telah melakukan Orientasi dan studi kesana ” Bantah Kabag Pemdes Kab.Brebes yang pernah mengomdani di kecamatan ketanggungan.

Sama apa yang di sampaikan Darmadi (8/10) Sekcam Tonjong di jumpai di ruang kerjanya.

” Tahapan bintek akan terus berjalan untuk para panitia di tiap kecamatan ” ucapnya di mana wilayah Brebes selatan masuk putaran pertama. Wilayah Tengah terus ke utara.

Alat e Voting merupakan mesin di gital namun berjalan offline.” Semua piranti akan terkoneksi dengan baik karena saling keterkaitan ” lanjutnya meyakinkan.

” cukup dengan ktp bisa mengkoneksi jaringan hingga ada gambar calon yang akan di pilihnya “

Demikian Loade memberi gambaran,masih menurutnya untuk pemilih lansia bisa di bantu keluarganya atau minta bantuan Panitia atau petugas KPPS yang bersifat netral.

” Banyak keunggulan dan keuntungannya setidaknya menghemat kertas suara.Dan alat ini nabtinya menjadi milikPemeribtahan Desa yang dana pembeliannya dari Dana Desa (dd-red ).

Kita kadang telah di buat oleh pikuran kita bahwa yang sesungguhnya tidak mesti ada di kiran kita.

Kabupaten Brebes Siap gelar dan mengambil resiko paling kecil yakni merubah keraguan masyarakat dengan pembuktian.Disamping itu sestem ini merupakan mampu menepis   anggapan  suilitnya mengoprasionalkan tekhnik baru ini. Varifikasi terakhir berada di Thermal Printer.

Laporan: M Ryadi MPI Brebes

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here