Kenduri Kebangsaan

0
65

PIONLINE TANJUNG PRIOK Jakarta sebagai Ibukota Negara yang menyandang kota megapolitan, tidak dapat dihindari jika kemudian penghuni serta penduduknya pasti masyarakat multi etnis dan kultural. Terhadap realitas ini tentunya mengharuskan Pemerintah mengedepankan aspek kebersamaan dan kesetaraan.

Beberapa bulan saat pelaksanaan Pemilu dan Pilpres, hal yang dapat dilihat dengan kasat mata setiap hari sejak Pileg hingga Pilpres, masyarakat jakarta terbelah secara politik. Adalah Ketua Umum Forum RT-RW HM Irsyad MM menganggap perlunya merajut kembali kebersamaan dalam kehidupan masyarakat jakarta.

Deklarasi Kebangsaan atau deklarasi Kebhinekaan merupakan pilihan tepat dalam membuat gerakan dalam aspek kebersaamaan. sebuah momentum budaya dan politik yang harus dilakukan. Demikian HM Irsyad berharap.

Jika kosakata deklarsi bermakna pernyataan ringkas dan jelas, misalnya saja tentang perlunya merajut kembali persatuan dan kebersamaan maka Deklarasi harusnya tak berhenti pada teks. Dan kegiatan semacam ini dapat diikuti oleh wilayah wilayah lainnya, sebagai wahana mempererat silaturahmi, Persatuan dan keakraban. Tentu saja bukan Cuma untuk masyarakat Jakarta yang majemuk ini saja.

Kegiatan semacam ini (Deklarasi Kebangsaan) menjadi penting dan perlu. Menyikapi secara kumulatip persoalan sosial politik beberapa bulan lalu. Masyarakat terkotak – kotakan lantaran berbeda pilihan politik, tentunya sekarang bagaimana merajut kembali persatuan dan kesatuan.

kini tiba waktunya masyarakat kembali merajut kerukunan, persatuan dan kesatuan. Perbedaan pilihan baik partai maupun calon presiden dan wakil presidennnya pada saat pemilu lalu, hendaknya segera disingkirkan, dan segera kembali merajut persatuan dan kesatuan. momentum untuk kembali merajut silatuhrahmi dengan tidak ada hujat menghujat dan saling curiga.

Gelaran Reuni Akbar 212 pada desember 2019 merupakan gagasan cerdas dalam membangun silaturahmi. Dan yang tidak kala pentingnya jika juga di gagas pada akhir tahun ini juga dilaksanakan di Monumen Nasional (Monas) KENDURI KEBANGSAAN tentu saja hal ini harus di gagas oleh forum Lintas Partai Politik.

Kenduri Kebangsaan menjadi penting dan perlu guna merajut kembali kesatuan dan persatuan Bangsa ini pasca pemilu yang telah kita laksanakan pada 17 April lalu. Maka menjadi tugas para tokoh masyarakat, tokoh Agama serta Forum Komunikasi Pimpinan Daerah dan wilayah Provinsi mengambil peran aktip.

KH Ronggosutrisno Thahir

Oleh KH Ronggosutrisno Thahir

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here