BPBD Nias Sosialisasi Pengurangan Resiko Bencana 

0
15

PIONLINE NIAS KABUPATEN Turut hadir pada kegiatan ini, Sekda Nias, unsur dari Kodim 213 Nias, para Kepala SKPD, Camat, Kepala OPD lingkup Pemerintah Kabupaten Nias, para kepala Desa, serta Kepala Sekolah SD dan SMP di Kab Nias. Bertempat di Desa Bozihona Kec. Idanogawo (19/11).

Pada kesempatan itu, Sekda Nias Drs F Yanus Larosa M.AP mengatakan, kegiatan Sosialisasi Pencegahan dan Pengurangan Resiko Bencana ini sangat penting bagi kita,agar kita dapat memahami apa itu bencana serta bagaimana cara pencegahan dan pengurangan resikonya.

Sekda Nias selanjunya mengatakan,salah satu ancaman nyata di Indonesia aalah bahaya Geologis berupa Gempa bumi dan Tsunami dalam skala besar. Dibandingkan dengan bencana Hidrometeorologi seperti banjir dan tanah lngsor, yang juga dampaknya sangat merusak dan menimbulkan korban jiwa 6ang sangat banyak.

Untuk itu, pemerintah telah mengubah paradigma manajemen penanggulangan bencana dari yang bersifat tanggap darurat menjadi paradigma pencegahan dn pengurangan resiko bencana, pungkasnya.

Selanjutnya Sekda Nias berharap kepada seluruh Kepala Desa dan Aparat Desa agar merencanakan dan memprogramkan penggunaan sebagian dana Desa setiap tahun untuk dialokasikan pada kegiatan Pencegahan dan Pengurangan Resiko Bencana di Desa.

Drs.F.Yanus Larosa,M.AP juga berterimakasih kepada seluruh personil,panitia pelaksana dan seluruh narasumber yang akan menularkan ilmunya kepada seluruh peserta demi masa depan anak cucu kita untuk selamat menghadapi bencana, tutupnya.

Laporan: Loozaro Kontributor MPI Nias

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here