Bangun Tanpa Drainase Rumah Warga Terendam Lumpur Dari Jalan Raya

0
50

LEBAK  PIONLINE Hujan deras yang mengguyur Kampung Cinangga Barat dan Cinangga Timur Desa Suwakan  Kecamatan Bayah Kabupaten Lebak Provinsi Banten, Kamis (19/12/2019), telah mengakibatkan belasan rumah warga terendam air dan lumpur sirtu limpahan dari Jalan Raya Ruas Bayah – Cikotok.

Perabotan rumah, seperti kursi, kasur, lemari menjadi basah dan kotor, bahkan ada pintu rumah dan jendela warga bernama Rijal jebol karena tidak kuat menahan derasnya air yang bercampur pasir dan kerikil tersebut.

Warga menuding ini diakibatkan karena pelebaran jalan Bayah -Cikotok yang tidak dibangun dengan saluran air atau drainasenya.

Seperti yang dikatakan warga Setempat Dian, bahwa ketinggian air yang masuk dan menggenangi rumah setinggi lutut.

Juga dikatakan Dian, bahwa kejadian seperti ini bukan kali pertama, ini sudah terjadi berulang-ulang apabila turun hujan deras.

“Semenjak ada pelebaran jalan, tiap turun hujan deras kaya gini bang, sebelumnya gak pernah terjadi seperti ini”, ujar Dian (20/12/2019).

Sementara, Kepala Desa Suwakan Edi Rapiudin, saat di hubungi melalui sambungan WA, Jumat, 20/12/2019, membenarkan adanya kejadian tersebut.

“Laporan dari warga, iya ada banjir limpasan air dari jalan, tapi saya belum bisa lihat, karena lagi berada di serang sedang ngurus-ngurus bantuan banjir di kampung Suwakan kemarin”. Tutur Edi.

Edi juga akan melakukan koordinasi dengan PUPR Kabupaten atau Provinsi agar dibuatkan saluran drainase mulai dari Kampung Pasir Gembong sampai ke Kampung Cinannga, katanya.

Warga meminta agar pemerintah secepatnya  membuat saluran drainase. Mengingat saat ini masuk musim penghujan,  limpahan air seperti ini pasti terus terjadi. (red)

Laporan: Asep Dedi Mulyadi MPI Banten

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here