Giat Peningkatan Kapasitas Kades Mencegah Penyimpangan Pengelolaan Dana Desa

0
208

PIONLINE  REMBANG Rembang 24 Desember 2019 ,agar seorang kepala desa tidak terjerat hukum, dalam menjalankan amanah yakni Dana Desa atau Anggaran Dana Desa tidak menyimpang atau di salah gunakan, hendaknya di sesuaikan dengan petunjuk perundangan yang berlaku.

Seperti yang di ungkapkan dan di harap oleh AKBP Dolly A. Primanto (kapolres Rembang), dalam giat Peningkatan Kapasitas Kades se – kecamatan Rembang pada Senin 23 Desember 2019 bertempat di pendopo kecamatan Rembang.

MANFAAT DANA DESADalam kesempatan yang sama Kejaksaan Negeri Rembang memaparkan, bahwa Dana Desa adalah dana APBN yang di transfer melalui APBD Kabupaten / kota yang di prioritaskan penggunaannya untuk :

  1. Pelaksanaan pembangunan
  2. Pemberdayaan masyarakat , terang dari Kasi Tindak Pidana Korupsi.

Ia pun menambahkan ,adapun Regulasi yang mengatur dalam pelaksanaan serta  konsekwensi atas pengelolaan Dana Desa tersebut seperti yang tertuang dalam :

1- UU . 6/ 2014 tentang desa2- PP . 47 / 2015 tentang perubahan atas PP . 43 / 2014 tentang peraturan pelaksanaan UU. 6/2014 dan 3- PP .8 / 2016 tentang perubahan Dana Desa sebagai Dasar Hukumnya,” imbuhnya.

Dengan Indikator Penyimpangan, terkait banyaknya Kades yang bermasalah dengan hukum . Ada beberapa point penting yang wajib di perhatikan dalam setiap melaksanakan kegiatan agar tidak bermasalah atau ada penyimpangan di kemudian hari.

Jika ada temuan Dana Desa yang di kelola sendiri secara langsung oleh Kades atau temuan Mark Up kegiatan pembelajaan yang menggunakan dana desa secara fiktif ,atau adanya dugaan pengurangan volume pekerjaan , Administrasi keuangan yang tambal sulam , penggunaan dana tidak sesuai , sehingga di harapkan para kades untuk menghindari hal- hal tersebut.  Sesuai dengan amanah PERMENDAGRI NOMOR 20 TAHUN 2018 tentang pengelolaan Dana Desa. Sehingga setiap kegiatan pelaksanaan Dana Desa harus di lakukan secara transparan dan Akuntabel.

Partisipasi masyarakat dan Lembaga Swadaya Masyarakat juga di perlukan dalam mengawal dan mengawasi penggunaan Dana Desa ataupun Anggaran Dana Desa. Demi terwujudnya harapan kedisiplinan anggaran dan peningkatan kemajuan desa segera terwujud sesuai dengan harapan masyaraka.

Laporan: Tan & Sis MPI Rembang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here