Debit Air Naik Beberapa Daerah Aliran Sungai Brebes Meluap

0
18

PIONLINE  BREBES JATENGDaerah Aliran Sungai di hilir sungai Babakan, Bentiris, kebuyutan dan hilir Pemali meluap Hujan turun sejak pukul 14.00 wib hingga Pk 22’00 masih gerimis berakibat tak mampunya drainase ataupun sungai menampung debit air yang cukup besar.

Melalui sambungan seluler Taukhid menuturkan bahwa blok pongkelan Desa Dukuhturi dari jam 19.30 wib,air mulai masuk ke rumah – rumah penduduk. “Saking lamanya hujan sejak sore tadi, kalipun naik airnya karena tak mampu menampung” ujarnya menjelaskan.

Air merambah cepat ke tempat rendah di rumah – rumah pinggiran aliran,mereka sempat panik juga karena tidak biasanya sehingga 10 sampe 20 cm,jelas warga yang lain.

Kontributor Patriot di alun – alun Brebes melaporkan juga akibat meluapnya sungai pemali air juga mengepung rumah dinas Bupati. Namun saat di konfirmasi ke petugas keamanan di sana  apakah Idza Priyanti Bupati Brebes merasa terganggu, mereka menyatakan tidak, karena luapan tersebut hanya di halaman pendopo.

Lain lagi dari Paijo, Ade dan Rohmat yang menginformasikan bahwa di desanya Kubangwungu, Tanggungsari dan Ketanggungan tak luput dari imbasnya hujan yang cukup deras dengan imbangan petir.Air masuk kerumah satu penyebab lainnya karena drainase mampet sampah sehingga air tidak lancar mengalir. “Drainasenya tidak berfungsi baik” tuturnya di chat WhatsApp.

Hujan mulai reda pada jam 22.00 wib tentu saja genangan air mulai menyurut,hadiah lumpur menjadi kegiatan baru yaitu bersih- bersih rumah. Namun demikian hal itu bukan menjadi beban bahkan sebagai hiburan karena tanpa di komandopun masyarakat masih banyak yang begadang tidak seperti biasanya. “Anggap saja hiburan” tangkas Taukhid saat di tanyakan respon masyarakat.

Bahwa di sisi lain, masyarakat harus peduli agar buang sampah tidak di sungai,karena bakal menghambat lajunya air. Kedisplinan itu harus di bangun oleh dirinya (Masyarakat – red )

Catatan: Jurnalis MPI dan Kontributor MPI Brebes

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here