Warga Cisitu Desak Pemerintah Segara Bangun Jembatan Permanen

0
35

PIONLINE LEBAKWarga masyarakat Desa Situmulya dan Desa Kujangsari meminta kepada pemerintah atau dinas terkait di Provinsi Banten untuk segera membangun kembali jembatan yang hancur diterjang air bah Beberapa waktu lalu.

Jembatan penghubung dua desa ini sangat vital bagi masyarakat tidak hanya Desa Situmulya dan Desa Kujangsari akan tetapi desa desa lainnya juga pengguna jalan tersebut. Jumlah warga dua desa  terdiri dari 1800 KK atau sekitar 7000 jiwa penduduk. Di dua Desa terdapat 4 SDN dan 1 SMP  Satap 7, beberapa Paud,TK Dan Madrasah.

Jembatan Cikidang merupakan  akses 6 Desa yang menghubungkan Cisitu desa Kujangsari, desa Situmulya, desa Cisungsang, desa Cikadu, desa Kujangjaya, desa Gunung Wangun, desa Sinargalih, kecamatan Cibeber Lebak Banten Jembatan tersebut hari ini resmi dibuka untuk umum,Kamis (09-01-2020)

Yoyo Yohenda yang akrab di panggil Jaro Uta mengatakan” Pembangunan jembatan tersebut pengerjaanya 100 % murni swadaya gotong royong masyarakat adat Cisitu yang di bantu masyarakat adat Cisungsang.Ribuan orang bekerja secara bergantian menyelesaikan pengerjaan jembatan tersebut. Papar  Yoyo “Jembatan itu di bangun selama 8 hari terhitung mulai tgl 02 januari 2020 sampai dengan tgl 09 januari 2020

Adapun jembatan tersebut sepanjang kurang lebih 25 meter lebar 4 meter, selain tersebut juga membuat badan jalan baru sepanjang hampir 150 meter, pembangunan jembatan dan jalan di koordinir langsung di lapangan oleh H. Yoyo Yohenda dan Sdr Ocid,  H. Medi, Ayi, Egi Legiana,Iqbal Awaludin SE dan Mantri Cecep.

Suksesnya jembatan tersebut berkat dukungan dari para kasepuhan cisitu dan cisungsang serta kepala desa situmulya LILI dan koramil bayah serta kapolsek cibeber. Jenis matrial yg di gunakan berupa tumpukan batu pakai beronjong pohon kelapa dan kayu, matrial beronjong berkat bantuan  dinas PUPR prop banten.

Selain itu jembatan tersebut terwujud berkat dukungan dari Ibu Hj Adde Rosi Khoerunisa Anggota DPR-RI dari partai golkar dan Ibu Hj Andiara Aprilia Hikmat Anggota DPD-RI Banten, meskipun jembatan darurat itu bisa di lalaui kendaraan roda empat namun kekuatannya tdk akan bisa bertahan lama di perkirakan hanya sekitar 1 tahun.

Oleh karena itu masyarakat mendesak kepada Pemda Lebak dan Pemerintah Provinsi Banten segera membangun jembatan permanen. Masyarakat meminta kepada aparat penegak hukum untuk  melakulan tidakan kongkret kepada siapapun yg terbukti melakukan pembalakan liar. Karena itu di duga pemicu terjadinya bencana longsor.

Cisitu merupakan salah satu  daerah adat Kasepuhan Banten Selatan. Maka disini termasuk Destinasi Wisata Budaya dan Wisata Alam. Sudah seyogyanya pemerintah segera merealisasikan harapan Warga. (red)

Laporan: Dicky Abiasa MPI Lebak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here