Walikota Gunungsitoli ADD Diprioritaskan Untuk Infra Struktur Jalan

0
45

PIONLINE GUNUNGSITOLI Walikota Gunungsitoli Ir Lakhomiza ro Zebua memiliki pola strategis dalam mengelola Dana ADD selalu mengarahkan untuk membuka badan jalan antar desa dan Kecamatan.

Untuk mensukseskan, pihaknya Walikota memberi alat berat (menginjinkan Alat berat untuk dioperasikan) dengan tujuan agar pelaksanaan ADD dapat berjalan sesuai Harapan Presiden Jokowidodo.

Dana ADD dikota Gunungsitoli hanya Rp 1 Miliar sedangkan di kabupaten Nias hampir Rp 1.5  Milyar tiap tahun.

Kalau diprogramkan membangun badan jalan tentu kabupaten Nias terbuka jalan antar Desa dengan Kecamatan seperti yang dilakukan Wakikota Gunungsitoli sekarang jalan terbuka antar desa.

Kabid Pemdes kabupaten Nias Tiharudin ketika ditanya kepadanya tentang bangunan baru di desa Siofaewali Kecamatan Bawolato. Bangunan pertama dijadikan Sanggar Budaya sedangkan bangunan yang baru diperuntukan Perpustakaan. Jelas Tiharudin pada MPI. Bangunan pertama Tahun 2017 diperuntukan untuk balai Desa sesuai pernyataan Mantan Kepala Desa siofaewali. Imbuh nya.

Ketika MPI mewawancarai Kades Siofaewali kamis (9/01/2020) bahwa bangunan baru sarat KKN, tetapi kami laksanakan berdasarkan musyawah Desa dan telah dievaluasi oleh pihak atas.

Karena disetujui maka kami laksanakan kita didesa hanya mengikuti dan anggaran bangunan baru ini diatas satu miliar lebih.

Terkait pernyataan Kabid Pemdes Kabupaten Nias maka para Kades akan melakukan program seperti didesa siofaewali jangan hanya pada desa siofaewali kami juga mau membangun sanggar budaya dan perputakaan.

Laporan: Loozaro Zebua MPI Nias

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here