Desa Singolatren Optimalkan BUMDes Untuk Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakatnya.

0
76

PIONLINE  BANYUWANGI Bertempat di Balai Desa Singolatren,Kecamatan Singojuruh,Kabupaten Banyuwangi diadakan sosialisasi terkait program Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) untuk tahun 2020 pada Sabtu (18/01/20).

Dalam acara tersebut Kades Singolatren Affandi menyampaikan bahwa keberadaan Badan Usaha Milik Desa harus bermanfaat bagi warganya,terutama bagi yang benar benar membutuhkan dukungan untuk usaha kecil masyarakat.

Ditahun 2019 kemarin BUMDes Singolatren sudah mengelola dana 100 juta rupiah dari Dana Desa tahun anggaran 2018 dan sudah beredar dimasyarakat usaha kecil seperti penjual sayur,penjual gorengan,penjual bakso dan masih banyak lagi.Sejumlah dana tersebut dirupakan pinjaman lunak buat masyarakat yang dikelola oleh BUMDes setempat.

Untuk tahun anggaran 2019  rencananya BUMDes Singolatren akan mendapat tambahan kucuran dana sebesar 50 juta rupiah.Dana inipun rencananya juga akan digulirkan kepada masyarakat yang mempunyai usaha kecil di wilayahnya.Penambahan kucuran dana ini merupakan apresiasi dari Kepala Desa karena warga yang diberi pinjaman modal mempunyai tanggung jawab dalam pengembaliannya.

“Dari bantuan modal tahun anggaran 2018 sebesar 500 ribu rupiah per pengusaha kecil warga kami ternyata mendapat apresiasi yang positip dari mereka dan ternyata mampu bermanfaat untuk peningkatan pendapatan mereka.Sehingga tahun ini akan kita tambah dana 50 juta rupiah kepada BUMDes untuk dikelola,”terang Kades Affandi yang sudah 2 periode menjabat.

Kades Affandi juga berpesan kepada jajarannya dan  Pengurus BUMDes untuk mengelola dana BUMDes secara transparan dan dipergunakan sepenuhnya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang mebutuhkan.

Bahkan Kades Affandi juga akan membagikan tenda dengan ukuran 3 x 3 meter di 7 dusun yang nantinya bisa dipergunakan untuk berjualan di pinggir jalan desa setiap harinya.Hal ini diyakininya akan dapat membawa dampak yang positip dilingkungan desanya.

“Untuk program ini tidak ada pilih kasih dan harus tepat sasaran.BUMDes harus mengelola dananya dengan transparan dan tepat sasaran.Dana tersebut bukan milik Kepala Desa tapi milik masyarakat jadi pergunakanlah dengan sebaik baiknya untuk kepentingan masyarakat,”pungkas Affandi.

Untuk saat ini BUMDes Singolatren dalam beroperasi menjalin kerjasama yang harmonis dengan kuliner Pesantogan PKK dan Karang Taruna Desa Singolatren. (red)

Laporan: Bams/Giono MPIBanyuwangi

 

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here