GOR Mini Bulu Tangkis, Abaikan RTRW Dan Belum Kantongi IMB

0
78

LEBAK  PIONLINE – Pembangunan yang rencananya untuk Gelanggang Olah Raga (GOR) Mini Bulu Tangkis di Kampung Ciawi hilir jalan Desa Gunung Batu Kecamatan Cilograng Kabupaten Lebak Provinsi Banten, mendapat sorotan dari banyak aktivis lingkungan Hidup Lebak Selatan.

Pasalnya, di dalam RTRW telah diatur mana daerah yang diperuntukkan kawasan permukiman, perkantoran, niaga, ruang terbuka hijau, serta daerah resapan air.

Sementara, menurut aktivis lingkungan Hidup Rida, pembangunan GOR bulu Tangkis Mini ini diduga dibangun diatas lahan daerah  resapan air, juga belum mengantongi IMB.

Pengaturan mengenai IMB diatur lebih lanjut dalam PP No. 36 Tahun 2005 tentang Peraturan Pelaksanaan UU No. 28 Tahun 2002 tentang Bangunan Gedung (“PP 36/2005”). Setiap orang yang ingin mendirikan bangunan gedung harus memiliki Izin Mendirikan Bangunan yang diberikan oleh pemerintah daerah (Pemda) melalui proses permohonan izin (Pasal 14 ayat [1] dan [2] PP 36/2005). Permohonan IMB harus dilengkapi dengan (Pasal 15 ayat [1] PP 36/2005).

Daerah resapan air pada hakikatnya adalah sebuah daerah yang disediakan untuk masuknya air dari permukaan tanah ke dalam zona jenuh air, sehingga membentuk suatu aliran air di dalam tanah.

Fungsi dari daerah resapan air sendiri adalah untuk menampung debit air hujan yang turun di daerah tersebut, jelas Rida.Hal tersebut dia akui Deden, Kepala Desa Gunung Batu.

“Memang saya sempat kedatangan utusan pemilik bangunan (H.Heri-red), yang mengatakan mau mengajukan dan meminta rekomendasi pembuatan IMB, bahkan pihak kecamatan melalui Kasat Pol PP Kecamatan mempertanyakan pengajuan IMB.

Tetapi pemilik bangnan hingga saat ini belum ada lagi menemui saya untuk meminta rekomendasi pembuatan IMB, pemiliknya orang Bogor (H.Heri-red), yang katanya mau kesini (nemuin Kades-red)  bulan ini, dan sampai saat ini saya memang belum pernah menandatangani surat rekomendasi pengajuan IMB tersebut,” Jelas Deden, Senin (20/01/2020) Kades Gunung Batu saat di konfirmasi wartawan MPI via Telephon Celuller.

Laporan: Asep D Mulyadi MPIBanten

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here