Musrenbangdes Desa Hegar Manah Camat Tekankan Peran Serta Masyarkat

0
64

LEBAK PIONLINE –  Musrenbang Desa Hegarmanah Kecamatan Panggarangan Kabupaten Lebak Provinsi Banten TA. 2020-2021 digelar di Aula Kantor Desa, Kamis (23/01/2020).

Hadir dalam kegiatan, Camat Panggarangan Aan Juanda, Kasi Ekbang, Kasat Pol PP Kecamatan H. Agus Sumardi , Bhabinsa, Kades Hegarmanah Apid Hamidi, Prades, Tokoh Masyarakat / Tokoh Agama. Bidan perwakilan dari Puskesmas, perwakilan Korluh Pertanian Panggarangan.

Dalam sambutannya Camat panggarangan menghimbau agar ada peran serta swadaya Masyarakat berupa gotong Royong.

“Kaitan dengan Musrenbangdes ini,  bahwa segala aspirasi masyarakat yang berkaitan dengan pembangunan.

Karena pembangunan itu tidak hanya infrastruktur, akan tetapi juga pembangunan Sumber Daya Manusia, peningkatan Ekonomi, Keagamaan, Pendidikan dan sebagainya, dan aspirasi masyarakat itu dituangkan dalam Musrenbang ini, adapun pemilihan sumber anggarannya itu disesuaikan dengan kebutuhan, dan kebutuhan anggaran yang tersedia kita lebih cenderung terhadap anggaran yang tersedia dari Dana Desa, papar Camat.

Apabila ada anggarannya  yang lebih, lanjut Camat. Mungkin membuat biaya dan pekerjaannya juga lebih, ini akan kita usulkan melalui APBD Kabupaten bahkan Provinsi dan sebagainya.

Kita tetep mengacu kepada Draf Menu yang tersisa dari Kabupaten, bahwa yang diutamakan proses pertama itu tentang pemberdayaan masyarakat desa, yang ke dua tentang ke PUPR  yang berkaitan dengan infrastruktur bahkan yang berkaitan dengan masalah sosial kesehatan dan sebagainya itu ada prioritas.

Ketiga masyarakat rata rata lebih mengedepankan kepada prioritas pertama itu infrastuktur.

Sedangkan intuk peningkatan usaha ekonomi masyarakat atau usaha lainnya yang sifatnya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat berada di bawah. Bahwa memang,  negara itu tidak akan bisa mencakup keseluruhan keinginan masyarakat.

Untuk itu, diharapkan ada peran serta masyarakat di dalam swadayanya, kalau memang harta engga bisa, minimal berupa tenaga.

Contoh jalan betonisasi yang bisa  kendaraan roda empat, tapi karena menggantung akhirnya enggak bisa perwis, nah itu mungkin pengerjaan beremnya bisa dikerjakan secara swadaya masyarakat, untuk lancarnya lalu lintas di jalan tersebut,” pungkas Aan Juanda.

Pengajuan usulan yang ada dalam Musrenbang Desa Hegarmanah tersebut, diantaranya penyediaan laptop BPD, pengadaan stempel RT/RW, pencegahan stunting, pengadaan Ambulance Desa, peningkatan kualitas RTLH, pemasangan PJU dan budidaya durian, budidaya rambutan, budi daya cabe, budidaya sayuran dataran rendah dan penyediaan terpal, bangunan tempat pembuangan sampah, tersier atau tembok penahan tanah,  pembangunan jalan lingkungan pintu air, jembatan majelis, bronjong, pembangunan Pustu atau rehab balai tamu, MCK PAUD, Rehab sedang / berat sekolah, pembangunan bendungan dan lapangan volly.

“Semoga apa yang menjadi usulan yang dibutuhkan masyarakat atau pasilitas yang dibutuhkan oleh lembaga-lebaga juga dinas yang ada di Desa Hegar manah ini dapat terealisaikan, dan mari kita bersinergi antara masyarakat dengan pemerintahan desa, demi kemajuan pembangunan desa kita,  karena kami pemerintahan desa, tentunya tidak akan dapat bekerja maksimal kalau tanpa ada peran serta dan fartisipasi dari masyarakat. Dan saya mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu dan bersama-sama untuk membangun Desa Hegarmah lebih maju,” ungkap Apid Hamindi. (red).

Laporan: Asep Dedi Mulyadi MPIBanten

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here