Musrenbangdes Desa Mekarjaya 2020-2021 Di Hujani Usulan

0
90

LEBAK  PIONLINE Desa Mekarjaya Kecamatan Panggarangan Kabupaten Lebak Provinsi Banten melaksanakan  Musrenbangdes TA.2020-2021 di Aula Kantor Desa mekarjaya, Rabu (22/01/2020).

Acara dihadiri oleh perangkat desa (Prades), Tim dari Kecamatan,Bhabinsa, Tokoh masyarakat, Tokoh Agama, Ketua RT/RW, perwakilan dari Sekolah, perwakilan dari Puskesmas, perwakilan dari Pertanian Kecamatan, Kader PKK dan Lembaga-lembaga yang ada di Desa mekarjaya.

Dalam acara tersebut, Kepala Desa Mekarjaya Sudirman S.Pd menyampaikan, semoga apa-yang nanti dibangun pemerintah desa bisa sesuai dengan harapan dan kebutuhan masyarakat,katanya.

“Setiap usulan dari masyarakat, itu tentunya tidak semua bisa dilaksanakan, karena kita juga harus melihat dari Anggaran Pendapatan Desa (apbdes), baik dari DD,ADD maupun DBH, sebab kalau semua usulan dari masyarakat harus di laksanakan di tahun ini, itu enggak mungkin juga, katanya.

Makanya, lanjut Sudirman. Kita harus bisa memilih dan memilah mana yang hurus di bangun sesuai dengan skala prioritas, adapun nanti yang tidak terjangkau oleh Anggaran Dana Desa (ADD), maka kami akan mengusulkan ke Kabupaten maupun ke Provinsi.

Semoga masyarakat bisa memakluminya, dan semoga dengan adanya Musrenbangdes ini bisa saling berkomunikasi dengan baik, demi kemajuan pembangunan di desa kita ini,” pungkas Sudirman.

Sementara Sekmat Panggarangan Udin Firdaus juga selaku Ketua Tim 1 dari Kecamatan berharap, Desa bisa merencanakan pembangunan sesuai kebutuhan masyarakat, dan berharap agar insentif Kades dapat ditingkatkan dari Rp. 4 juta menjadi lebih, apalagi sampai Rp.10 – 20 juta rupiah, biar Kades anteng (fokus-red)  dalam mengelola desanya, tidak harus cari-cari dana tambahan lain,  ucapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Bhabinsa Desa Mekarjaya Yanto mengingatkan, agar masyarakat yang biasa melakukan penambangan ilegal (gurandil) dihentikan, juga agar meningkatkan Kamtibmas ronda malam di tiap-tiap RT di aktifkan kembali, katanya.

Begitu juga Perwakilan Puskesmas Panggarangan, Ine berharap, kedepannya desa bisa lebih memperhatikan pasilitas kesehatan desa yang masih kurang, contohnya dari segi sanitasi lingkungan, karena masih banyak masyarakat yang belum punya W.C dirumahnya, usul Ine.

Sementara perwakilan dari  Pertanian Deden Rusandi juga berharap, agar pemerintah desa bisa memperhatikan dan bersama- sama meningkatkan hasil pertanian, supaya terciptanya peningkatan perekonomian desa,  dan Dinas Pertanian menyediakan terpal ukuran 8×8 meter untuk keperluan panen dan menawarkan asuransi pertanian.

Dalam forum tanya jawab H.E Kusmana selaku Tokoh Masyarakat mengusulkan, agar pembangunan jalan dimulai dari jalur utama Cikumpay- Kicalung, dan yang utama, memohon untuk segera di bangun jembatan Kampung Ciajen-Ciastana, karena akses jalan utama penyambung antar Kampung Cicalung, Ciajen, Ciastana, Gintung, Nagahurip, Pasirtangkil dan bisa nyambung ke Desa Sindangratu.

“Siapapun yang bisa membangun jembatan tersebut, maka saya akan menggiring semua masyarakat untuk menjadikannya Kepala Desa,  ujar H.E Kusmana.

Sudirman S.Pd menanggapi, bahwa untuk jembatan Kampung Ciajen akan di usahakan maksimal, dan pernah dibicarakan dengan Camat ke Bupati, dan apabila APBD Kabupaten dan Provinsi tidak ada,  maka saya selaku Kepala Desa akan mengusahakan dengan dana APBDes, terangnya.

Musrenbangdes ditutup dengan penandatanganan berita acara oleh Kepala Desa.(red)

Laporan: Asep Dedi Mulyadi MPIBanten

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here