Rektor IKIP Gunungsitoli Penegak Hukum Harus Menindaklanjuti

0
471

Rektor IKIP Gunungsitoli mengatakan kalau sudah dinyatakan oleh Dirjend Bimas Kristen Prof.Thomas Panture, bahwa ijazah tersebut Ilegal maka penegak hukum harus menindak lanjuti sesuai UU yang berlaku

PIONLINE  JAKARTA Loozaro Zebua (Pelapor) menjelaskan, bahwa Ijazah a.n Herman Harefa yang diperoleh dari (STT) Sunsugos tidak Memiliki No. Seri Ijazah, oleh karena itu Ijazah tersebut diduga Palsu.

Kemudian Loözaro Zebua  juga Menunjukkan 1 (Satu) Lembar Fotocopy Ijazah a.n Yanuar Harefa yang diperoleh dari (STT) Sekolah Tinggi Teologi Kanaan Nusantara memiliki No. Seri Ijazah dan Izin Penyelenggaran Ujian, itulah Ijazah yang Legal ungkapnya pada Wartawan di Medan.

Sangat ironis sekali, atas statament Penasehat Hukum terlapor, mengatakan “Tidak ada Hak Ombudsman meneliti Ijazah tetapi yang berhak hanya Pengadilan katanya” Demikian yang diungkapkan Loözaro Zebua, di hadapan sejumlah Wartawan Medan.

Ditempat terpisah, tokoh pemuda kota Gunungsitoli, Suar Natal Waruwu Amd meminta Kapoldasu untuk memerintahkan Kapolres Nias menetapkan Terlapor HJH sebagai tersangka dalam pemakaian ijazah aspal. Hal itu dikatakan kepada MPI Biro Kep Nias, jum’at  (30/1/2020) di ruang tunggu Reskrim Polres Nias.

Suar Natal mengatakan, terkait hasil Gelar perkara di Wassidik Poldasu Jum’at (24/01/2020) pihak Reskrim Polres Nias akan menyampaikan SP2HP kepada pelapor katanya. Dengan adanya pembanding ijazah yang legal dengan ilegal maka kasus sudah bisa dinaikkan ke tingkat penyidikan dan menetapkan tersangka sesuai data dan fakta ijazah.

Sementara itu Rektor IKIP Gunungsitoli Drs Desman Telaumbanua M.Pdi, sabtu (01/02/2020) ketika diminta tanggapan nya terkait permasalahan Dugaan Tindak Pidana Pemalsuan Ijazah yang dipergunakan oleh Oknum Mantan Ketua DPRD Kota Gunungsitoli Periode 2014- 2019. Dan perkara ini telah dilapor sejak 2014. Awal tahun ini tepatnya tanggal 24 januari 2020 di lakukan gelar perkara di Poldasu.

Terhadap hasil gelar perkara itu Rektor IKIP Gunungsitoli mengatakan kalau sudah dinyatakan oleh Dirjend Bimas Kristen Prof.Thomas Panture, bahwa ijazah tersebut Ilegal maka penegak hukum harus menindak lanjuti sesuai UU yang berlaku.

Laporan: Shendi Manoppo-Laoziduhu MPIKep Nias

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here