Musrenbang RKPD Lebak 2021 Kecamatan Camat Bayah  Perhatikan Kualitas Dan Pemeliharaan

0
33

LEBAK PIONLINE –  Acara Musrenbang RKPD Kabupaten Lebak Tahun 2021 Tingkat Kecamatan dilaksanakan di Aula Kecamatan Bayah, Selasa (04/02/2020).

Hadir dalam acara, Camat Bayah A. Suyanto S.Ip, anggota DPRD Lebak  dari Fraksi PDIP Agus Ismatullah, Perwakilan BAPEDA Paryono, Rian dan Ibu Chandra, Kapolsek Bayah AKP. Tatang Warsita, Perwakilan Koramil 0315/Bayah, Kepala Puskesmas Bayah Syarif, Korluh Pertanian, Korwil Dinas Pendidikan, Ketua PGRI Bayah, Perwakilan KUA Bayah, Para Kepala Desa, Prades, para Ketua BPD, LPM, Para Ketua RW, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat.

Acara diantaranya di isi dengan, samabutan Camat Bayah, Ketua Tim Asistensi Kabupaten, anggota DPRD Lebak, penjelasan teknik diskusi oleh Kasi Ekbangkesos, diskusi kelompok (fasilitator) dan Penyampaian hasil diskusi kelompok (fasilitator) yang dilanjutkan dengan penetapan hasil keputusan dan penandatanganan berita acara.

Dikatakan Camat Bayah,  bahwa Musrenbang Desa sudah dilaksanakan dari tanggal 15 sampai 23 Januari 2020. Dan untuk hari ini dilaksanakan Musrenbang tingkat Kecamatan, adapun skala prioritas Desa itu belum tentu menjadi skala prioritas Kacamata.  Hari ini dibagi tiga kelompok, untuk memverifikasi dan memilah usulan hasil dari Musrenbang tingkat desa.  Ini ada tiga usulan hasilnya yaitu,  satu bidang peningkatan kualitas tata kelola pemerintahan daerah itu tidak ada,  yang kedua peningkatan pembangunan infrastruktur, ini ada  70 usulan dari 11 Desa, untuk yang kedua peningkatan kualitas sumber daya manusia, itu ada 51 usulan juga dari 11 desa, yang ketiga penciptaan nilai tambah ekonomi.

Usulan ini sangat banyak, adapun kriteria pemilahan yaitu untuk infrastruktur itu biasanya 70% untuk peningkatan kualitas sumber daya manusia seperti pendidikan kesehatan sosial, 20% untuk nilai tambah ekonomi. Menurut saya sih  sudah cukup bagus hanya bagi desa desa yang perbatasan, seperti Cidikit, desa Cisuren, Desa Sawarna Timur, itu masih ada beberapa infrastruktur yang harus ada pengajuan. Sekarang ini segala kualitasnya bisa direalisasikan pada tahun 2021, untuk pembangunan 2020 yang akan dilaksanakan sudah ada, yang terutama peningkatan destinasi wisata, khususnya Sawarna Barat dan Sawarna Timur.

Saya tekankan kepada semua Kepala Desa termasuk Korwil di bidang Pendidikan dan Kesehatan dan pihak rekanan supaya masalah kualitas harus diperhatikan, terus masalah infrastruktur saya tekankan juga kepada kepala desa jangan hanya membangun, tapi yang sudah dilaksanakan tahun 2019 harus dirawat dan dilakukan pemeliharaan yang baik, papar Camat Bayah, A.Suyanto S.Ip. (red)

Laporan: Asep Dedi Mulyadi MPIBanten

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here