Anggota DPRD Feraksi PKS Satroni Meikarta

0
127

PIONLINE BEKASI Anggota DPRD kabupaten Bekasi Budianto. S.PI mendatangi Meikarta di jalan OC Boulevard utara , Jayamukti , Cikarang Selatan , Kabupaten Bekasi. Selasa (11 / 02 / 2020 ). Budianto mencurigai adanya tenaga kerja asing ( TKA ) ilegal asal China yang bekerja di apartemen  Meikarta lippo cikarang.

kecurigaan Budianto  muncul saat ia bersama Dinas keternagakerjaan, dan dinas kesehatan , di dampingi polisi dan TNI memeriksa kesehatan pekerja asing di kawasan itu.

Saat proses pemeriksaan, pihak meikarta seperti menyembunyikan para TKA tersebut, sebab  berdasarkan data dinas keternagakerjaan hanya ada 260 TKA di proyek meikarta, begitu juga data dari imigrasi bahkan saat pemeriksaan virus Corona hanya 100 TKA saja yang berada di mess.

Kemungkinan TKA China yang lain nya sudah bersembunyi di hotel maupun lokasi lain nya, sedangkan data dari Disnaker TKA China mencapai 260 orang yang bekerja di meikarta

Budiyanto menjelaskan , meikarta tengah membangun 15 tower, sehingga tidak mungkin jika hanya dikerjakan oleh 260 TKA saja.

Menurut budiyanto setidaknya satu pembangunan tower itu membutuhkan sekitar 200 tenaga kerja, sedangkan meikarta membangun 15 tower jadi tinggal di kalikan saja berapa jumlah TKA yang bekerja unkapnya.

Menanggapi hal itu, Direktur kumunikasi meikarta Danang kemayan jati membantah temuan itu, ia mengatakan, jumlah tenaga asing yang bekerja di meikarta ada 86 orang, sementara pekerja lokal mencapai 5. 000 orang.

Adapun tenaga kerja asing yang di pekerjakan oleh pengelola meikarta menggunakan jasa kontraktor China Contraktor, itupun yang di pekerjakan pun minimal supervisor atau key spesialist ujar Danang dalam konfrensi pers.

Sementara itu Budiyanto meminta pihak lippo mengumpulkan semua pekerja meikarta untuk di periksa kesehatannya. Untuk mencegah penyebaran virus Corona, semangkin mengkhawirkan dan semangkin membahayakan bagi keselamatan warga Cikarang  Bekasi, sementara isu yang beredar di masyarakat bahwa warga TKA yang meninggal dunia itu terkena virus Corona.

Kapolres Metro Bekasi  kombes Hendra Gunawan memastikan penyebab kematian yuan Haisheng(46) warga negara china di pintu B1 tower 153 lantai 11 apartemen meikarta bukan karena virus corona, ini indikasinya terjatuh dari lift lantai 16 atau 17 ke lantai 11.kita sedang selidiki lebih dalam lagi.

Laporan: Iqbal MPIBekasi

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here