HPSN Kabupaten Lebak Indonesia Bersih, Indonesia Maju, Indonesia Sejahtera

0
47

LEBAK PIONLINE – Apel Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tahun 2020 tingkat Kabupaten Lebak bertempat di pantai Pantai Putih Sawarna Desa Sawarna Kecamatan Bayah Kabupaten Lebak Provinsi Banten, Kamis tanggal 12 Maret 2020 Pukul 09:40 Wib sampai dengan selesai.

Hadir dalam acara, Hj. Iti Oktavia Jayabaya SE (Bupati Lebak). Ir. H Dede jaelani.MM (Sekda kab lebak) beserta Para Opd kabupaten Lebak, H. Nana Setiawan (Kadis LH kab lebak), Drs. Wawan Ruswandi (Kadisdik kab.lebak) .Rojali indra saputra St.msc( Kepala Balai Prasarana Pemukiman Wilayah Banten).

Pada kesempatan itu nampak hadir Tannminn Ho ( GM Pt.Cemindo Gemilang) AKP. Yoghi Ridzandi (Kapolsek Bayah) Kapten Arm A. Rosyid (Danramil 0315/Bayah) Para Camat dan Kepala Desa se-Kabupaten Lebak, Para Ketua PGRI dan Kepala Sekolah, juga peserta apel lain yang terdiri dari, para tokoh Agama, tokoh Masyarakat dan tokoh Pemuda. Siswa/siswi Sekolah SMP, SMA/MA, SMK se-Kec Bayah, Komunitas-komunitas: POKDARWIS, GENPI, BPPKB, MACING, URBAN CAFE, POK POHON INDONSSIA, PERSADA INDONESIA, FBN, HPI, STINGLESS BEE, MAPALA dan HIMAGUNA.

Bupati Lebak, Hj. Iti Octavia Jayabaya menyerukan agar masyarakat menjaga kebersihan diwilayahnya masing masing. Karena, jika lingkungan sudah bersih, maka semua penyakit tidak akan datang.

Orang nomor satu di Kabupaten Lebak ini mengharapkan disetiap kampung diadakan Bank Induk Sampah. Mengingat, sampah akan menjadi bibit penyakit jika berserakan.

“Saya harap masyarakat dapat menjaga kebersihan lingkungan. Bersihkan sampah samph yang berserakan” Kata iti Octavia Jayabaya, ketika memberikan sambutan pada acara peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tingkat Kabupaten Lebak tahun 2020 yang berlangsung di Plaza Sawarna, Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Kamis(12/3).

Iti juga menambahkan, himbauan agar menjaga kebersihan lingkungan tersebut bukan hanya untuk acara seremonial saja, akan tetapi harus diimplementasikan pada kehidupan sehari hari. Bahkan harus dijadikan pemberdayaan  berkelanjutan.

Bahkan, Iti juga menghimbau, pada peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) kali ini, ia mengajak seluruh elemen masyarakat untuk mengurangi atau bahkan meninggalkan sampah plastik.

Sebagai contoh, Iti mengatakan dirinya sudah memakai Tumbler selama tujuh tahun lamanya.

“Saya sudah tujuh tahun menggunakan Tumbler. Ini saya lakukan agar menjadi contoh bagi semuanya,” Kata Iti lagi.

Nana Sunjana, kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lebak, menjelaskan, pada acara peringatan HPSN tingkat Kabupaten Lebak ini, pihaknya mengikutsertakan seluruh stakeholder di Kabupaten Lebak, mulai dari organisasi masyarakat, organisasi profesi dan lain lainnya. “Kita mengikut sertakan masyarakat dalam kegiatan ini,” Kata Nana.

Selepas apel dilanjutkan dengan acara serah terima aset dan serah terima kelola sementara Barang Milik Negara (BMN) dari Balai Prasarana Pemukiman Wilayah (BPPW) Banten kepada Pemda Lebak, sekaligus rapat relokasi sekolah terdampak bencana banjir bandang dan longsor juga dilanjutkan dengan peninjauan infrastruktur jalan, jembatan dan terminal, sarana prasarana pendidikan dan pariwisata di wilayah selatan. (red)

Laporan: Asep Dedi Mulyadi MPIBanten

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here