Hiburan dan Seni Odong – Odong Simbol Perlawanan Rakyat Kepada Penjajah

0
434

PIONLINE BEKASI – Odong-odong terinspirasi dari kesenian asal subang yaitu Sisingaan, ntah siapa penemunya odong- odong mulai marak di tahun 2012 .

Singaan merupakan simbol dari perlawanan masyarakat sunda pada masa penjajahan.bahkan di kenal sejak tahun 1813 saat inggris menginvasi subang. Seperti di ketahui singa merupakan simbol kekuatan penguasa Britania Raya tersebut.

Pada saat itu Subang memang secara politik di kuasai oleh Belanda,namun secara Ekonomi di kuasai Inggris, akibatnya  rakyat subang menderita, bentuk perlawanan masyarakat Subang tak hanya melalui peperangan saja , bentuk perlawanan juga di lakukan melalui kesenian, Tujuannya adalah dengan menaiki singa yang dianggap keramat oleh Inggris.maka akan menurunkan moral penjajah para Tentara – tentara Inggris pada saat itu.

Dalam perkembangan selanjutnya kesenian sisagaan bukan hanya menyebar kedaerah – daerah lain di kabupaten subang  melainkan ke kabupaten- kabupaten lain di jawa barat, seperti kabupaten Bandung, purwakarta ,sumedang, kerawang, bekasi, menyebar ke beberapa daerah lainya, kesenian ini juga mengalami perkembangan boneka singa dan boneka lainya, penataan tari , kostum, pemain maupun waditra dan lagu- lagu yang di mainkan mengikuti perkembangan zaman sekarang.

Tidak hanya untuk melestarikan kesenian odong – odong juga bisa untuk mencari nafkah, seperti yang di lakukan GURU YAHYA Ketua Pemuda Kampung Citarik, yang melestarikan Kesenian khas Jawa Barat yang hampir punah  dengan membuat Pergosi odong- odong  Lodaya Sakti  Cikarang, alhamdulillah dengan adanya odong- odong ini bisa mempekerjakan para pengangguran walaupun tidak setiap hari di Tanggap oleh para masyarakat yang sedang hajatan, tapi setidaknya masih bisa membantu mereka untuk mendapatkan uang,  ungkap Okil  sapaan akrab nya kepada awak media.

Okil pun berharap kepada para intasi pemerintahan khusus nya Dinas Pariwisata untuk membantu melestarikan budaya kesesenian odong- odong yang berada di kapupaten bekasi. Okil pun berharap kepada instansi terkait untuk di libatkan dalam acara pemerintahan, karena odong- odong bisa menghibur orang besar maupun anak- anak ungkapnya Kamis ( 12 /03/2020 ).

Laporan: Iqbal MPIBekasi

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here