HPSN  Rembang Dipusatkan Di Pantai Balongan Kranggan 

0
182

PIONELINE REMBANG – Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2020 kabupaten Rembang, kali ini pusatkan di Pantai Balongan/Kragan.

Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional adalah sebagai wujud nyata agar masyarakat sangat peduli dengan sampah. Sampah dari tahun ke tahun yang selalu jadi masalah. Sebuah polimik yang jadi tanggung jawab kita bersama.

HPSN di hadiri oleh Wakil Bupati, Dinas Lingkungan Hudup, RSU D R Sutrasno, TNI – Polri, Karang taruna, Gabungan LSM Rembang dan juga masyarakat. Dalam peringatan Hari Peduli Sampah Nasional Wakil bupati H. Bayu Ardiyanto SE bersama dengan para Instansi pemerintah mengajak masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan dan sampah, maka dari itu di adakan gotong royong dan bersih pantai ( 13-3-2020 ) .

Dalam sambutannya wakil bupati di kegiatan HPSN menyampaikan, “bahwa pengurangan sampah bersumber dengan pemilihan sampah, yakni sampah yang layak jual atau sampah yang di jual di Bank Sampah yang ada di desa ,sehingga sampah yang di buang ke TPS / TPA hanya berupa sampah Residu.

Upaya yang di lakukan oleh pemerintah kabupaten Rembang dalam mengatasi permasalahan sampah, kabupaten Rembang telah menerbitkan PERBUP/ Peraturan Bupati Nomor 7 Tahun 2019. Tentang kebijakan dan strategi kabupaten Rembang dalam pengelolaan sampah rumah tanggan dan sampah rumah tangga.

Dengan target pengurangan sampah sebesar 30% dan penanganan sampah sebesar 70 % pada tahun 2025″. Jumlah penduduk kabupaten Rembang sebesar 637.150 jiwa dengan jumlah potensi timbulan sampah rumah tangga dan sampah sejenis sampah tangga pada tahun 2019 mencapai 83.721.51 ton sampah , dengan asumsi timbulan sampah yang di hasilkan perorang mencapai 0,36 kg per orang per harinya.

Karena selama ini sebagian masyarakat masih memandang sampah sebagai barang sisa yang tidak berguna bukan sebagai sumber daya yang perlu di manfaatkan masyarakat dalam pengelolaan sampah.  Sampah yang buang di tempat sampah atau TPS akan di kumpulkan di pilah dan di olah hingga bisa bermanfaat kembali bagi masyarakat. Kebersihan adalah pangkal kesehatan, kebersihan juga sebagian dari Iman .

Laporan: Tan & sis MPIRembang

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here