Puskesmas Dan Forkopimka Cihara Sosialisasi Cegah Copid-19

0
18

LEBAK  PIONLINE – Petugas Kesehatan Puskesmas Cihara Kabupaten Lebak – Banten, lakukan sosialisasi pencegahan virus corona atau Codiv-19, Senin (23/03/2020)

Sosialisasi ini digelar sebagai edukasi bagi masyarakat agar terhindar dari virus corona, dengan mengunjungi pusat keramaian warga seperti di pasar Sukahujan Desa Citeupuseun Kecamatan Cihara yang didampingi Kapolsek Panggarangan, Kepala Satpol PP Cihara dan anggota Koramil 0314 Panggarangan.

Kepala Puskesmas Kecamatan Cihara, Hermansyah mengatakan, sosialisasi ini merupakan bagian dalam program Lebak Tanggap Corona. Memberikan informasi mengenai pencegahan COVID-19 yang sengaja digelar di ruang terbuka agar lebih banyak masyarakat yang teredukasi.

Dijelaskannya, materi sosialisasi yang diberikan antara lain pengertian COVID-19, cara cuci tangan yang baik, hingga penggunaan masker bagi orang yang sakit dan petugas yang berhadapan dengan orang sakit.

Pada sosialisasi ini,  Hermansyah juga mengajak masyarakat untuk menjaga diri agar terhindar dari penyebaran virus corona (Covid-19) melalui pola hidup sehat dengan cara, mengkonsumsi makanan dengan gizi yang seimbang, menjaga kebersihan lingkungan, minum air mineral 8 gelas per hari, rajin olah raga dan istirahat yang cukup, tidak merokok, makan makanan yang dimasak sempurna, sering cuci tangan pakai sabun, bila batuk gunakan masker atau tutup dengan mulut dengan lengan atas bagian dalam, dan selalu berdoa.

Termasuk mengedukasi langkah-langkah bagi masyarakat yang mengalami gejala COVID-19, seperti demam tinggi, batuk, dan bersin.

“Jika ada warga yang mengalami gejala itu maka kita sarankan menggunakan masker, segera memeriksakan diri ke puskesmas atau rumah sakit, dan istirahat yang cukup,” jelasnya.

Ditempat yang sama, Kapolsek Panggarangan IPTU Dwiyanto mengajak masyrakat untuk menjaga diri agar tidak terpapsr virus ini dengan pola hidup bersih dan sehat. Selain itu pihaknya menghimbau agar masyrakat mengindahkan maklumat dari Kapolri.

“Kami meminta kepada masyarakat agar dapat mengindahkan maklumat Kepala Kepolisian Republik Indonesia Nomor : Mak/2/III/2020 tentang kepatuhan terhadap kebijakan pemerintah dalam penanganan penyebaran virus Corona (Covid-19)” tutur IPTU Dwiyanto.

Seorang pengunjung pasar Wati (36) mengungkapkan, sosialisasi ini sangat bermanfaat bagi masyarakat yang khawatir dengan penyebaran COVID-19. Ternyata, penyebaran virus itu dapat di cegah dengan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

“Tadi petugas memberikan materi edukasi bagaimana cara mencegah virus Corona. Intinya harus menerapkan PHBS, salah satunya rajin mencuci tangan,” ungkap Wati. (red)

Laporan: Asep Dedi Mulyadi MPIBanten

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here