Elpiji 3 Kg Mahal Dan Sulit Dipasaran Ini Kata Kadis Perindag Lebak

0
154

kita terbentur kewenangan, Disperindag hanya mengawal HET dari agen ke pangkalan, tetapi kalau untuk pengecer belum ada regulasi yang ngatur itu,

LEBAK PIONLINE – Dalam menanggapi harga gas Elpiji bersubsidi 3 Kg di pengecer yang melambung tinggi, mulai Rp.30.000,- (tiga puluh ribu rupiah) hingga Rp.40.000,-(empat pulih ribu rupiah), dan dikatakan langka di pasaran, sebagai mana yang disampaikan Ketua DPC Badak Banten Kecamatan Malingping Erot Rohman.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Lebak Provinsi Banten mengatakan, Disperindag sudah membuat surat kepada Himpunan Wiras­wasta Nasional Minyak dan Gas Bumi (Hiswana Migas) terkait dengan itu dan Bupati sudah buat surat ke Kementrian ESDM untuk penambahan kuota, mudah – mudahan pada menindak lanjuti, katanya.

“kita terbentur kewenangan, Disperindag hanya mengawal HET dari agen ke pangkalan, tetapi kalau untuk pengecer belum ada regulasi yang ngatur itu, tetapi kita terus koperatip mematau dan memberikan himbauan kepada pengecer, agar tidak terlalu mahal dan menegur Hiswana Migas agar mengawasi dan menegur agen atau pangkalan yang nakal,” terang H. Dedi Rahmat S.Sos, Kamis (02/04/2020) lewat sambungan telephon celuller.

Sementara itu, H.Imam Taufik. SE Direktur PT. SMP (Sinar Malingping Putra) kepada awak media menjelaskan, Selama ini selaku pengusaha elpiji, belum pernah menaikan harga ke pihak pengecer, pedagang di desa-desa atau kampung-kampung, dan mengeluarkan harga sesuai HET SK. Bupati Lebak. Adapun harga melambung dipengecer jangan di salahkan pihak pengusaha, apalagi menuding oknum pengusaha menimbun tabung gas bersubsidi 3 kg,” Ujar Imam.

Pengusaha – pengusaha yang ada di Kabuparen Lebak terdiri dari, PT. Bintang Imanata Jaya, alamat:Jl. JEND. SUDIRMAN NO.36 KP. PAPANGGO, PT. FAJAR SIDIQ NURHIDAYAH, alamat: KP. LEBONG RT 05/07 Cijorong Pasir, PT. KEROJIMAS UTAMA, alamat Kp. Cimesir RT. 03/04 Rangkasbitung, PT. SAE AMANAH SEJAHTERA alamat:Jl. Raya Bayah -Cikotok.Km. 7 kp. Cinan, PT SINAR MALINGPING PUTRA alamat:Jl. A. Yani Kp. Kaum Pasar RT. 08/02, PT. SUMBER JAYA WIJAYA alamat:Jl. Kh. Atim I No.8 RT. 03/04 muara Cijoro, PT.SUMBER REJEKI AGUNG MIGAS alamat:Jl. Sunan kalijaga  RT. 01/05 muara cijoro, PT.SURYA WANA JAYA alamat Jln.Kimaklum No. 9 RT. 01/011 muara cijoro.

Lanjut Imam, bahwa, apabila ada pihak yang menemukan dengan data yang valid, bahwa ada pihak pengusaha menaikan harga dari distribitor ke agen atau ke pangkalan, agar kordinasi dulu dengan kami. Dan sekali lagi saya tegaskan, pihak pengusaha tidak pernah menaikan harga tabung gas elpiji  bersubsidi 3 kg ke pengecer / masyarakat,” pungkas Imam.

Saat awak media coba pertanyakan kepada Ibu Cicih dan Ibu Tati yang berpropesi pedagang di Kp. Babakan Jaha Kecamatan Malingping Kabupaten Lebak, harga elpiji 3 kg sama, yaitu Rp.25.000,-(dua puluh lima ribu rupiah).

“Harga tersebut termasuk ongkos transportasi (ojek) jadi masyarakat di wilayah Malingping tidak ada yang mengeluh, karena harga normal seperti biasa,” terang Ibu Tati dan Ibu Cicih. (red)

Laporan: Asep Dedi Mulyadi MPIBanten

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here