Forkopimcam Cilograng Antisipasi Penyebaran Covid-19 Diperbatasan

0
83

LEBAK  PIONLINE – Jajaran Forkopimcam Cilograng bersama pemerintahan desa Cibareno, melalukan pencegatan kendaran-kendaraan dari luar kota yang masuk wilayah Kecamatan Cilograng Kabupaten Lebak Provinsi Banten, untuk di lakukan penyemprotan cairan disinfektan yang sekaligus melakukan pengecekan suhu tubuh dan tujuan pulang para penumpang kendaraan, Kamis (02/04/2020).

Kecamatan Cilograng, merupakan wilayah yang berbatasan langsung antara Provinsi Banten dengan Jawa Barat, sehingga sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran virus Corona (Covid-19) yang terbawa, dan dikhawatirkan kendaraan atau para penumpang berasal dari daerah jona merah, Jajaran Forkopimcam Cilograng melakukan pengecekan kendaraan dan para penumpang kendaraan yang datang di perbatasan.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Camat Cilograng Khaerudin, Kapolsek Cilograng Iptu.Ukaryadi juga Kapolsek Bayah AKP. Yoghie Roozandi, Danposmil Pelda. Edi Spy, Kepala Puskesmas Cilograng Tatang Kusmana, para Kepala Desa se-Kecamatan Cilograng serta para relawan.

Kepala Desa Cibareno Rustandi, mengatakan, Sasaran dalam kegiatan tersebut adalah kendaraan roda 2 dan roda 4 atau lebih yang berasal dari Provinsi Jawa Barat menuju Provinsi Banten.

“Kegiatannya adalah penyemprotan disinfektan, pengukuran suhu tubuh, penyuluhan kesehatan dan pencataan tujuan para penumpang angkutan umum dan pribadi, yang nanti akan menjadi dasar tindak lanjut bagi pemerintah desa untuk melakukan himbauan social distancing,” jelas Rustandi.

Rustandi, menambahkan. Unsur forkompimcam juga melakukan himbauan kepada seluruh lapisan masyarakat agar betul-betul melaksanakan himbauan pemerintah, agar upaya memutus mata rantai penyebaran virus covid- 19 berjalan maksimal, selalu melaksanakan perilaku hidup bersih dan sehat, serta menjaga lingkungan, imbuhnya.

Aktivis Lebak Selatan, Hasan Sadeli, yang juga turut dalam kegiatan tersebut mengungkapkan, dengan banyaknya  yang mudik dari Jona merah, di hawatirkan akan menularkan virus corona yang terbawa ke desa-desa, makannya diperbatasan diperlukan pemeriksaan bagi para pendatang.

“Menurut inpormasi, yang masuk di 3 wilayah Kecamatan, Cilograng, Bayah dan Cibeber per tanggal 1 April sudah melebihi 500 orang. Pergerakan orang yang pulang kampung atau mudik  dari Jona merah, seperti Jabodetabek dan Jawa Barat terus melonjak tiap harinya.  Dimohon Pemda Lebak melakukan pemeriksaan di perbatasan Jabar-Banten seperti Cibareno, untuk mengantisipasi sebaran ODP yang di khawatirkan menebar ke desa-desa,” ujar Hasan Sadeli.

Sementa itu, Camat Cilograng Khaerudin, Via WhatsApp, saat di minta penyampaian himbauan kepada masyarakat, tidak memberikan komentar. (red)

Laporan: Asep Dedi Mulyadi MPIBanten

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here