Pemko Gunungsitoli Kerahkan 2 Damkar Untuk Penyiraman Disinfektan

0
20

PIONLINE GUNUNGSITOLI – Pemerintah Kota Gunungsitoli, Sumatera Utara, bersama Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona (Covid-19) Kepulauan Nias melakukan penyiraman disinfektan secara massal.

Didampingi Kapolres Nias dan Dandim 0213-Nias, Walikota Gungsitoli Ir. Lakhomizaro Zebua memimpin penyiraman desinfektan pada sejumlah ruas jalan di Kecamatan Gunungsitoli, Selasa (31/3/2020) malam.

Setidaknya ada dua unit mobil pemadam kebakaran (Damkar) milik Pemerintah Kota Gunungsitoli, serta puluhan tim gabungan TNI-Polri yang dikerahkan dalam penyemprotan desinfektan.

Kepada awak media, Walikota Gunungsitoli menjelaskan bahwa penyemprotan desinfektan secara massal merupakan upaya pemerintah daerah dalam meminimalisir penyebaran dan penularan Covid-19

.”Malam ini ada beberapa ruas jalan yang mendapat penyemprotan desinfektan. Diantaranya Jalan Sirao, Jalan Gomo, Jalan Yos Sudarso, Jalan Pintu Angin, Jalan Kelapa, dan terakhir Jalan Diponegoro, ujar Walikota.

Sebelum melakukan penyemprotan, lanjut Walikota, pemerintah daerah telah menghimbau masyarakat untuk tidak berada diluar rumah. Alasannya, supaya masyarakat tidak terkena desinfektan.

“Desinfektan adalah cairan kimia yang dapat merusak kulit. Sehigga kami minta masyarakat tidak diluar rumah saat penyemprotan. Rencananya penyemprotan dilakukan bertahap hingga minggu depan”, kata Walikota.

Selain itu, Walikota menyampaikan bahwa akan diberlakukan sistem buka tutup sejumlah ruas jalan protokol di Kota Gunungsitoli. Kebijakan tersebut juga untuk meminimalisir penularan dan penyebaran Covid-19.

“Masih banyak masyarakat yang tidak mengikuti himbauan pemerintah daerah dengan pergi keluar rumah tanpa ada keperluan. Untuk mengantisipasinya, pemerintah memberlakukan sistem buka tutup jalan bersifat sementara”, ucap Walikota.

Diakhir keterangannya, Walikota mengungkapkan jika rencana penutupan jalur laut dan udara di Kota Gunungsitoli batal dilakukan.

Namun demikian, Pemerintah Kota Gunungsitoli bersama tim gugus memperketat pengawasan terhadap orang/penumpang yang masuk ke Pulau Nias melalui Bandara Udara Binaka dan Pelabuhan Alut Gunungsitoli.

Laporan: Loozaro Zebua MPI Nias

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here