Mitigasi Dini Gugus Tugas Covid 19 Cilograng Gunakan Thermoscanner

0
26

LEBAK PIONLINE – Gugus tugas Covid-19 Kecamatan Cilograng, dalam langkah antisipasi penyebaran Covid 19, buka posko pemeriksaan suhu tubuh menggunakan thermoscanner diperbatasan bagi pendatang dari luar Kabupaten Lebak.

Posko tersebut didirikan di perbatasan Kabupaten Lebak, tepatnya di Jembatan Cibareno Desa Cibareno Kecamatan Cilograng Kabupaten Lebak Provinsi Banten, dengan melibatkan anggota Kepolisian Polsek Cilograng, Unsur TNI,   Usur BPBD Lebak, Unsur Kecamatan Cilograng, petugas dari Puskesmas Cilograng dan Kepala Desa di Cilograng.

Pendirian Posko ini  sebagai tindak lanjut surat edaran  Bupati Lebak No. 440/I-579-ET/2029 tanggal 6 April 2029, tentang pencegahan penyebaran Virus Corona (Covid-19) di jalur perbatasan transportasi darat di Kabupaten Lebak.

Menurut Rustandi, Kepala Desa Cibareno, di posko ini, dilakukan penyemprotan kendaraan dengan disinfektan dan  dilakukan pengecekan suhu tubuh penumpang kendaraan dengan menggunakan thermoscanner serta di periksa tempat asal dan tujuan perjalanan.

Jika hasil pemeriksaan suhu badan tinggi maka akan dilakukan koordinasi dengan Gugus tugas Covid-19 Kecamatan tempat ia tinggal untuk dilakukan pemantauan lebih lanjut, hawatir sudah terpapar Virus Corona (Covid-19).

“Sudah tiga hari posko ini didirikan. Sejak tanggal 7/4/2020 kemarin dan akan terus dilakukan sampai kondisi pandemi Virus Corona (Covid-19)” terang Rustandi, saat di jumpai di posko, Rabu (09/04/2020).

Dalam kegiatan ini, Tim Gugus Tugas Covid-19 Kecamatan Cilograng terus melakukan himbauan kepada pengguna jalan untuk selalu melakukan pola hidup bersih dan sehat (PHBS), social distanching atau phisical distancing, agar terhindar dari paparan Virus Corona (Covid-19).

“Kami juga terus menghimbau kepada masyarakat, agar setiap orang bisa menjaga diri dan keluarganya agar terhindar dari paparan Virus Corona (Covid-19)” ujar Kades Cilograng.

Rustandi juga menambahkan, bahwa di setiap malam Minggu,  bersama jajaran Polsek dan Koramil Cilograng, akan melakukan pemeriksaan terhadap anak-anak muda yang keluyuran main malam hari, terutama yang keluar wilayah seperti ke Pelabuanratu atau yang dari luar ke wilayah kita, katanya.(red)

Laporan: Asep Dedi Mulyad MPIBanten

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here