Banyak Program Bantuan Pemerintah, Tapi Masih Ada Masyarakat Miskin Terabaikan

0
26

LEBAK PIONLINE – Begitu miris, ditengah kondisi pandemi Virus Corona saat ini, ternyata masih ada keluarga tidak mampu yang tidak mendapat program bantuan apapun dari pemerintah.

Ade Baduy (48 thn), warga Kampung Bayah 1 Desa Bayah Barat Kecamatan Bayah Kabupaten Lebak-Banten, penyandang disalibilas akibat mengalami patah tulang kaki, yang bekerja serabutan dengan memiliki 2 orang anak, dan memiliki istri yang juga mengalami gangguan kesehatan pada leher, mengaku tidak pernah menerima bantuan program apapun dari pemerintah yang dapat meringankan beban berat kebutuhan keluarganya.

Dikatakan Ade Baduy, dia tidak pernah mendapat bantuan BSM atau PKH bagi anaknya yang kini duduk di bangku kelas 2 SD. Begitu juga ketika ada program RTLH, keluarganya tidak tersentuh prgram tersebut, padahal rumah yang mereka tempati jauh dari katagori rumah layak huni.

“Rumah saya sempat diphoto-photo oleh pihak desa, katanya untuk diajukan program bedah rumah, dan dimintai data untuk pengajuan program yang lain, tapi sampai sekarang tidak ada satu juga program itu yang kami terima,” keluh Baduy.

Senada, yang disampaikan Ijah (istri Ade-red), terkadang merasa bosan dan kecewa, karena sudah sering di data tapi tetap saja tidak mendapat bantuan pemerintah.

“saya sering mendaftar dan didata oleh RT atau Desa, untuk di ajukan, agar mendapat bantuan dari pemerintah, baik itu bantuan bedah rumah, bantuan buat anak sekolah atau bantuan sembako. Padahal saya memiliki Kartu Keluarga Miskin (GAKIN), tapi sampai saat ini, saya belum pernah mendapat bantuan apapun dari pemerintah” ungkap Ijah (47thn) istri Ade Baduy kepada wartawan, Minggu (12/04/2020)

Saat wartawan coba minta penjelasan kepada ketua RT yang lama Entep, pada saat dia masih menjabat, mengatakan sempat mendaftarkan keluarga Ade ini dalam program PKH, tapi tidak tahu kenapa hingga saat ini tidak mendapat bantuan program tersebut, katanya.

“Saya pernah mendata dan mendaftarkannya dalam program PKH, tapi tidak tahu kenapa kelewat terus. Dan kemarin juga sudah di data lagi oleh Ketua RT yang baru, untuk program PKH,” terang Entep. (red)

Laporan: Asep Dedi Mulyadi MPIBanten

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here