Ikan Tuna Pelabuhanratu Sukabumi

0
74

Oleh KH Ir Ronggorutrisno SMhk

(MPI)-Potensi tangkapan ikan di sekitar perairan Palabuhanratu sangatlah besar. Harus juga diketahui diwilayah ini juga menjadi lalu lintas migrasi ikan tuna. Maka dapat dipastikan akan besarnya potensi tangkapan ikan. Tentu saja jika di dikelola dengan baik dan benar bakal terbangun kesejahteraan masyarakat di pesisir Pelabuhanratu. Selanjutnya akan menambah pemdapata Daerah.

Pelabuhan Perikanan Nusantara Palabuhanratu berada pada Teluk Palabuhanratu yang merupakan bagian dari perairan Samudera Hindia Atas dasar itu, tahun 1991-1993 dibangunlah Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN). Pembangunan pada tahap awal bersumber dari Asian Development Bank (ADB) dan Islamic Developmnet Bank (ISDB) dan pada tanggal 18 Februari 1993 diresmikan operasionalnya oleh Presiden RI.

Sejak tahun 2003 sampai sekarang, merupakan pengembangan pembangunan tahap pertama. Pembangunan Pelabuhan Perikanan tahap pertama ditujukan untuk menunjang aktivitas perikanan terutama unit penangkapan ikan dengan ukuran kapal sampai 30 GT dan pembangunan Pelabuhan Perikanan tahap kedua untuk menunjang aktivitas kapal berukuran 30 GT sampai dengan 150 GT.

Pelabuhan Perikanan Nusantara Palabuhanratu dapat dikatakan berhasil membangun perikanan dan kelautan berkorelasi dengan kesejahteraan masyarakat pada umumnya. Penghargaan yang diterima PPN Palabuhanratu adalah dari Menteri Pertanian Republik Indonesia pada tahun 1999 berupa Piala Abdibakti Tani, pada tahun 2005 yaitu Adibakti Mina Bahari sebagai unit kerja pelayanan publik terbaik di lingkup Kementerian Kelautan dan Perikanan tahun 2007 dan pada tahun 2012 PPN Palabuhanratu mendapatkan kembali Piala Adibakti Mina Bahari bidang pelayanan terbaik lingkup Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Pelabuhanratu yang letaknya behadapan langsung dengan perairan samudera hindia. Para ahli menyatakam memiliki potensi perikanan yang besar terutama jenis ikan Tuna serta kawasan wisata baharinya. Lebih dari itu merupakan Pelabuhan Perikanan yang lokasinya tidak terlalu jauh dari ibu kota Jakarta

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here