Janji Bupati Brebes Soal Tanggul Rob

0
41

PATRIOT INDONESIA (MPI) – Brebes merupakan daerah yang termasuk extrim karena di bagian utara bercengkrama dengan laut di bagian selatan adalah daerah pegunungan. Masing kutub itu memiliki potensi bencana yakni Rob Banjir dan Longsor.

Baru – baru ini di pesisir utara rob laut menerobos masuk rumah  penduduk dan tambak – tambak ikan 17/5 yg akibatnya merugikan puluhan petani tambak. “Rob masuk di sawojajar,beruntung tidak ke perkampungan tapi hanya diarea tambak ” ujar Suharti yang berjarak 2Km dari rumahnya. Sementara di Kecamatan yg rumahnya pingiran pantai seperti Kecamatan Losari,Tanjung Bulakamba air sempat masuk rumah meski tidak tinggi.

Air mulai merambat naik di perkirakan sekitar jam 17.00wib dan mulai surut jam.21.00 wib,meski demikian pada masyarakat sudah memahami paket banjir tahunan  setiap bulan mei ini.Pemerintah Daerah melalui APBD 2021 sudah biaya untuk tanggul penangkalnya.

” Pemerintah sudah menyiapkan dana sebesar 500 Milyar,Insya Allah 2021 sudah di mulai pembangunan tanggul ” Jelasnya saat tinjau lokasi banjir di Desa Randusanga.

Di sisi lain bahwa Presiden Jokowi telah menetapkan Kabupaten Brebes menjadi kawasan Kawasan Industri Brebes (KIB, red) yang beberapa perusahaan sudah mengajukan perijinannya sekitar 130 perusahaan.Dan tidak kurang dari 3000 Ha lahan telah di persiapkannya termasuk pingiran pantai.

Kemungkinan di lakukan relokasi sebagian pemukiman yang terkena pabrik. “Bagi pemukiman yang terdamak pembangunan industri di sediakan rusunawa yang dalam tahap pembangunan” pungkasnya saat melakukan pembagian sembako di desa terkena rob.

Kawasan Industri. Brebes di harapkan bisa memacu perekonomian Kabupaten Brebes juga mengatasi penyerapan tenaga kerja,meski ada kerisauan dari masyarakat terhadap Jati diri Brebes sebagai penghasil Bawang dan telor asin.

Pertentangan dan ke khawatiran selalu ada dalam setiap aksi,tinggal bagamana menyikapinya.

Laporan: Mohammad Riyadi MPIBrebes

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here