Desa Bayah Barat Realisasikan BST, DTKS Dan Non DTKS Bulan Ke-2

0
56

LEBAK PIONLINE – Pemerintah Desa Bayah Barat Kecamatan Bayah Kabupaten Lebak Provinsi Banten realisasikan bantuan Sosial Tunai (BST) tahap ke-2 untuk DTKS dan Non DTKS sejumlah 465 KPM, di Aula Kantor Desa Bayah Barat.

Hadir melakukan pemantauan dalam kegiatan ini, Kepala Desa Bayah Barat M.Ridwan, Kanit intel Polsek Bayah Bripka.Ibnu R, serta Briptu. Restu Pramudya, Bhabinsa Serka. Padmi, Bayah Barat Anggota Koramil 0315 Bayah TKSK Kecamatan Bayah Dodo.

Sementara itu, pada perealisasian BST tahap dua ini, petugas perealisasian langsung dilakukan oleh Agus Hermawan selaku Kepala Kantor Pos Cabang Bayah.

Menurut Kepala Desa Bayah Barat M. Ridwan, perealisasian BST ini bagi masyarakat yang telah masuk DTKS dan Non DTKS anggaran dari pusat (APBN), yang merupakan perealisasian tahap ke-2 dengan masing-masing KPM menerima bantual sosial tunai (BST) sebesar R.p.600.000,- (enam ratus ribu rupiah).

“Alhamdulillah perealisasian BST berjalan lancar, tertib dan aman serta terus memperhatikan protokol kesehatan. Saya berharap kepada masyarakat yang mendapat bantuan dari pemerintah ini agar dapat memanfaatkannya dengan baik, pergunakan dan belanjakanlah kepada barang kebutuhan yang paling sangat diperlukan,” kata M. Ridwan, pada sela kegiatan, Rabu (10/06/2020)

Di tempat yang sama, TKSK Bayah Dodo Sukarya juga membenarkan bahwa realisasi kali ini adalah untuk pencairan BST dari dana APBN tahap ke-2 yang sudah masuk dalam DTKS dan non DTKS.

Ditengah berlangsungnya kegiatan kepada wartawan, Dodo saat dikonfirmasi menjelaskan. Perealisasian BST dari dana APBN ini untuk tahap yang ke-2. Realisasi pencairan selain di salurkan melalui Kantor Pos juga ada yang disalurkan melalui rekening Bank masing-masing keluarga penerima manfaat (KPM) kepada Bank yang ditunjuk pemerintah seperti di antaranya BRI dan BNI, yang juga sama sudah realisasi tahap dua.

“Ini adalah perealisasian BST  DTKS dan Non DTKS dari dana APBN tahap ke-dua ,dan dalam penyalurannya ada yang melalui Kantor Pos atau yang melalui BRI dan BNI ke masing-masing rekening keluarga penerima bantuan sosial,” kata Dodo, saat di konfirmasi wartawan MPI, di aula kantor desa Bayah Barat, Rabu (10/06/2020).

Lebih jauh kepada wartawan MPI, TKSK Bayah Dodo Sukarma Menjelaskan. Realisasi BST yang melalui rekening Bank, itu ada yang dari dana APBN dan ada yang dari dana APBD1, dan dalam pelaksanaannya Pihak Bank dan desa yang akan membuat kartu panggilan bagi keluarga penerima bantuan sosial tunai (BST).

“Iya betul, perealisasian BST memang ada yang melalui rekening Bank masing-masing. Itu ada yang dari dana APBN dan ada yang dari APBD1. Tapi sementara yang dari APBD1 belum terealisasikan, karena kartu pangilannya belum beres, sedangkan BST melalui rekening Bank yang dari dana APBN , sama denga yang direalisasikan melalui Kantor Pos, yaitu sudah tahap pencairan tahap ke-2,” jelas Dodo.

“Alhamdulillah, realisasi BST DTKS dan Non DTKS berjalan tertib dan lancar dan semoga bermanfaat,” pungkas Dodo.

Saat ditanya, apabila masih ada masyarakat terdampak pandemi covid 19 yang belum terdaftar dan belum mendapatkan bantuan dari dana APBN, APBD-1dan atau APBD-2, Dodo menjawab, “mudah-mudahan nanti bisa terkaper atau bisa mendapat bantuan dari anggaran Dana Desa (DD),” katanya.

Kegiatan perealisasian BST bulan ke-2 dari dana APBN di Desa Bayah Barat berjalan lancar dan tertib. Dalam menjaga menyebaran covid 19, Protokol Kesehatan terus dihimbaukan oleh petugas absensi antrian Gagan Suganda.

Laporan: Asep Dedi Mulyadi MPIBanten

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here