Menjelang Pemberlakuan Kehidupan New Normal Minimarket Di Bayah Abaikan Protokol Kesehatan

0
16

PATRIOT INDONESIA (MPI) LEBAK – Pelaksanaan protokol kesehatan di sejumlah minimarket yang ada di Kecamatan Bayah Kabupaten Lebak Provinsi Banten terkesan abaikan himabauan pemerintah, dan disesalkan para pengunjung.

Masyarakat pengunjung menyanyayangkan terhadap pihak pengelola minimarket yang terlihat lalai dan abai dalam memberikan jaminan kesehatan dan keselamatan para pengunjung.

Seperti yang terlihat di minimarket Indomaret dan Alfamart yang berada ratusan meter di depan pasar dan terminal Bayah Desa Bayah Barat Kecamatan Bayah Kabupaten Lebak.

Pihak minimarket terlihat tidak serius dalam menjalankan himbauan pemerintah tentang protokol kesehatan untuk menyambut pemberlakuan kehidupan New Normal.

Seperti diantaranya dalam hal penyediaan pasilitas Handsanitizer, pihak minimarket dipandang tidak melalukan secara serius, mereka hanya menyediakan satu ember air kecil dan tanpa ada tempat penampungan air pembuangannya.

Selain itu, masih ditemukan karyawan yang lalai dalam penggunaan masker.

Saat wartawan pertanyakan kepada salah seorang karyawati Indomaret,  kenapa persediaan airnya hanya menggunakan ember kecil dan tidak menyediakan tempat penampungan air kotornya mengatakan, “kalau sudah kosong nanti di isi lagi,”katanya.

Sementara itu, EI, salah seorang minimarket Indomaret ini mengatakan, bahwa dia tidak bisa menggunakan pasilitas tersebut. Pasalnya, hanya menggunakan gayung atau tidak menggunakan keran, sehingga kurang epektif dan tidakmaksimal.

“Mau bersih gemana, kita ngambil air dari ember hanya dengan menggunakan gayung, dan terkadang airnya juga kosong,” terang EI.

Senada yang disampaikan pengurus pasar Bayah Asren. Dia memandang pihak minimarket tidak serius dalam mentaati himbauan dari pemerintah, dan tidak serius dalam memberikan pelayanan kenyamanan dan kesehatan para pengunjung.

“Kalau seperti itu terlihat asal ada aja. Seakan tidak serius untuk melakukan upaya pencegahan penyebaran virus corona. Padahal seharusnya pasilitas Handsanitizer yang mereka sediakan lebih baik dari yang dipasar atau toko-toko yang lain,” kata Asren.

Ditempat terpisah Kasat Sat Pol PP Kecamatan Bayah Usep Saepudin, Sabtu (13/06/2020) saat dihubungi lewat sambungan telephon celuller mengatakan, bahwa pihak Forkopimcam Bayah secara berkala terus melakukan himabauan kepada pelaku usaha, pertokoan, perkantoran dan pusat keramaian agar selalu menterapkan protokol kesehatan.

“untuk menjelang penterapan kehidupan New Normal, kami dari Forkopimcam terus menghimbau untuk pelaksanaan protokol kesehatan,” katanya.

Kami juga telah menghimbau kepada pihak mini market agar menyedihkan Handsanituzer dan para karyawannya menggunakanmasker, lanjutnya.

“Terimakasih atas informasinya, dan saya akan menindak lanjutinya. Kalau pihak minimarket ini betul tidak hiraukan himbauan pemerintah tentang Protokol kesehatan, saya akan berikan teguran. Apabila terus mengabaikan, maka saya akan melaporkan ke Kasat Pol PP dan DPMPTSP Kabupaten Lebak agar dapat melakukan langkah tegas,” tandasnya.

Laporan: Asep Dedi Mulyadi MPIBanten

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here