Kawasan Industri Modern Karawang

0
67

Oleh Nurhasan SH MH-Pimpinan Redaksi

PATRIOT INDONESIA (MPI) KARAWANG Keppres Nomor 53 Tahun 1989 tentang Pengembangan Kawasan Industri. Kepres ini implist mempersiapkan karawang sebagai kawasan industri modern. Hal ini ditandai Hadir nya beberapa kawasan industri berskala besar di Karawang dengan luas mencapai ribuan hektare Sebut saja: Karawang International Industry City (KIIC), Kawasan Surya Cipta, Kawasan Indotaisei, Kawasan Mitra Karawang  dan Kawasan Bukit Indah City di jalur Cikampek. Saat ini, tercatat lebih dari 500 ribu pekerja industri dengan beragam tingkatan, baik pekerja lokal maupun ekspatriat, yang dipastikan akan terus bertambah. 

Implikasinya, kini di beberapa kawasan di wilayah Kabupaten Karawang menjadi rebutan para pengusaha dan investor baik asing maupun lokal. Ternyata daerah yang sebelumnya wilayahnya merupakan hamparan rawa-rawa. Kini telah tumbuh dengan pesat dan menjadi incaran para industriawan serta pengembang hunian seiring dengan pertumbuhan industri.

Karawang sungguh memiliki teksture tanah yang memadai dan strategis untuk dijadikan fasilitas berbagai kebutuhan industri, pertanian dan hunian. Dahulu Karawang sebagai lumbung padi yang besar di jawa, Bagaimana dengan keadaan Karawang sekarang. Kabupaten Karawang memiliki hamparan tanah yang luas dan menjadi wajar jika selanjutnya tumbuh berkembang sebagai penyangga ibukota.

Sungguh strategis, kini para konglomerat, pebisnis dan developer yang datang dari berbagai kota dan manca negara, mereka datang ingin menanamkan serta mengembangkan bisnisnya di Karawang. Untuk itu tidak jarang para Insvestor dan developer sebagai pengusaha melakukan kerjasama dengan Pemerintah daerah untuk membangun fasilitas-fasilitas strategis yang cukup mendukung kota Karawang sebagai daerah yang memiliki kawasan industri modern serta penyangga Ibukota. Fasilitas strategis seperti Kawasan Pabrik dan Industri, Kawasan Perumahan, Kawasan Perhotelan, dan lain-lain.

Kawasan Industri Ciampel Kecamatan Ciampel Kabupaten Karawang, hanya dalam hitungan beberapa menit dari jalan tol Karawang Timur (Klari). Ciampel merupakan kawasan yang telah dipadati oleh banyak perusahaan baik produksi Otomotif, Manufaktur, Tekstile dan lain-lain. Sejak beberapa tahun silam sudah di kenal sebagai Kawasan Industri Suryacipta, Kawasan Industri Mitra Karawang dan Kawasan Perum Peruri.

Kawasan Industri KIIC Telukjambe Lain halnya di Kecamatan Telukjambe Timur dan Telukjambe Barat Kabupaten Karawang. Kawasan ini termasuk kawasan yang juga padat oleh banyak perusahaan. Berjarak tidak terlalu jauh dari kawasan industri Ciampel. akses jalan menuju kawasan ini sangat mudah, bisa ditempuh hanya beberapa menit dari jalan tol Karawang Barat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here