Bekasi Bersatu Tolak RUU HIP

0
85

PATRIOT INDONESIA (MPI) BEKASI – Rapat paripurna DPR RI mengesahkan Haluan Ideologi Pancasila (HIP) menjadi Rancangan Undang-Undang (RUU) Usul Inisiatif DPR, Selasa (12/5/2020). Pembahasan lanjutan akan dilakukan setelah DPR menerima Surat Presiden (surpres) Joko Widodo.

Sebelum disahkan dalam paripurna, RUU ini berstatus usulan dari Badan Legislasi (Baleg) DPR RI Ia termasuk dalam RUU Prioritas 2020 di daftar Prolegnas 2020-2024.

Sejumlah ormas Islam menolak peraturan ini dengan beragam alasan. Majelis Ulama Indonesia (MUI) misalnya, menolak lantaran RUU ini tidak mencantumkan TAP MPRS Nomor XXV/MPRS/1966 tentang pembubaran Partai Komunis Indonesia (PKI) dan pelarangan setiap kegiatan maupun pahamnya. Mereka juga menilai RUU HIP telah mendistorsi tafsir Pancasila dalam Pembukaan UUD 1945 dan batang tubuhnya.

Tafsir baru dalam bentuk RUU HIP justru telah mendegradasi eksistensi Pancasila,” kata Wakil Ketua Komisi Hukum dan Perundang-undangan MUI Ikhsan Abdullah 

Alasan serupa diutarakan Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah. “Di dalam RUU HIP terdapat materi-materi tentang Pancasila yang bertentangan dengan rumusan Pancasila sebagaimana disebutkan dalam Pembukaan UUD 1945, khususnya pada Bab III [Pasal 5, 6, dan 7],” kata Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir dalam keterangannya.

Warga bekasi menolak keras dengan Rancangan RUU HIP,  Warga berkumpul di depan halaman Masjid Islamic Center, mereka membawa bendera organisasi masing- masing, spanduk besar bertuliskan  Bekasi Bersatu tolak  RUU HIP, juga di bentangkan di halaman Masjid. Jum’ at ( 19/6/2020 ).

Sebelumnya masa membacakan maklumat MUI Pusat terkait Penolakan RUU HIP. Gema Takbir di komandangkan  terus bersahutan ketika orator menyebut menolak RUU HIP dan siap mengawal serta menjaga  maklumat MUI.

Deklarasi dan peryataan sikap yang di bacakan  koordinasi Aksi ismail Brahom sebagai berikut:

1.kami mendukung penuh maklumat yang di keluarkan MUI.

2.Kami Menolak dengan tegas RUU HIP yang di gagas kelompok anti Pancasila dan anti NKRI di DPR- RI.

3.Kami menuntut DPR- RI untuk membatalkan RUU HIP dan menghentikan pembahasan nya.

4.kami menyatakan para inisiator RUU HIP Terindikasi sebagai penghianat bangsa.

5.kami umat islam siap berjihat untuk menjaga pancasila dan NKRI dari rongrongan kuminisme, marxisme dan leninisme.

Laporan: M.iqbal / Damri. N MPIBekasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here