Tambang Ilegal Dan  Excapator Berkeliaran Di Kec.BatangNatal

0
99

…kegiatan tambang liar ini berada di Desa Parlampungan, Desa ampungsiala, Desa Tombangkaluang, Desa ampung padang, Desa sipogu, kelurahan Muarasoma..

PATRIOT INDONESIA (MPI) MANDAILING – Sungai yang jernih bukit yang indah di Kecamatan Batangnatal Kabupaten Mandailingnatal, merupakan kebanggaan masyarakat Batangnatal. Karena alirannya yang begitu indah dan asri, begitu juga dengan ikan garingnya yang terkenal gurih dan enak.

Batangnatal sebelum Ada Penambangan Liar

Gugusan perbukitan di tepian sungai Batangnatal menambah eloknya pesona alam Batangnatal.  Namun sekarang sudah tidak elok lagi, karena keberadaan Tambang ilegal yang sudah cukup lama menggerus keindahan Sungai dan Bukit di tanah Batang natal.

Menurut informasi yang MPI dapat dari warga setempat. Bahwa keberadaan tambang Ilegal ini sangat mengganggu aktipitas warga khususnya yang berkegiatan di sungai.

Sungai Batangnatal merupakan hajat hidup masyarakat yang bertempat tinggal sekitar aliran sungai batangnatal, seperti kebuhan masak dan minum. Kini mereka mengeluh dengan keberadaan Tambang ilegal, lantaran air sungai selalu keruh bercampur lumpur,  jangankan buat minum untuk mandi dan cuci pakaian pun tidak bisa, begitu juga dengan bukit bukit yangg sudah di obrak abrik oleh penambang.

Para penambang melakukan kegiatan tambang dengan menggunakan Alat berat berupa Excapator bahkan menurut keterangan warga setempat” ada kuranglebih 30 alat berat dan ratusan Mesin Dompleng yg beroperasi diwilayah Hukum Kab. Mandailing natal khususnya di Kec. Batang natal.

ironisnya Pemerintah Daerah baik Bupati, Camat dan aparat Desa seolah olah tutup mata dengan kegiatan Tambang liar tersebut, padahal sudah jelas jelas merusak lingkungan yang berdampak sangat buruk bagi ekosistim Alam dan masyarakat sekitar, seperti banjir bandang, longsor, ikan ikan pada mati.

Masyarakat Batang natal dari dulu terkenal dengan kualitas  getah karet no satu, gula aren yang sangat bagus, hasil ikan sungai berlimpah, sungguh Kegiatan tambang liar menjadi sumber malapetaka bagi mata pencaharian pokok sebagian warga setempat. Konon dengan alasan harga getah karet sudah tidak mencukupi untuk kebutuhan sehari hari, kemudian kegiatan tambang liar ini berada di Desa Parlampungan, Desa ampungsiala, Desa Tombangkaluang, Desa ampung padang, Desa sipogu, kelurahan Muarasoma dan mungkin masih banyak Desa yang belum disebut.

Warga Kecamatan Batangnatal sangat berharap  agar Pemerintah segera turuntangan, mengambil tindakan, menutup semua tambang ilegal yang ada di Kecamatan Batang natal dan memberikan solusi yang cepat dan tepat kepada warga yang sedang dalam kesusahan mencari Nafkah.

Merangkul masyarakat, tokoh adat  dan tokoh pemuda untuk bermusawarah mencari jalan keluar dari keadaan masyarakat yang tidak ikut tambang liar dengan masyarakat penambang liar yang kurang  harmonis. Di perkirakan ada 40 persen jumlah masyarakat Batangnatal yang sudah ketergantungan bekerja sebagai penambang ilegal.

Memang tidak mudah untuk mendapatkan solusi yang cepat dan tepat, semoga Warga Batangnatal kedepan bisa  berkehidupan yang lebih baik lagi. Aamiin. Laporan: Rakhmat  Nst kontributor MPI Mandailing natal

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here