Bupati Nias harus Laksanakan PERPUB No 71 Tahun 2016

0
30

PATRIOT INDONESIA (MPI) NIAS Calon Perangkat Desa Harus berdomisili di Desa Gunungsitoli. Bupati Nias Drs Sokhiatulo Laoli MM, menegaskan harus dilaksanakan PERPUB No 71 Tahun 2016, itu suatu ketentuan dalam melakukan penjaringan Perangkat Desa.

BPD Biouti kembali menyurati Bupati Nias sesuai surat No.28/BPD-BIT/2025/ 2020  dengan Hal: Laporan tentang pelaksanaan penjaringan dan pengangkatan perangkat Desa Biouti yang  tidak sesuai menurut PERBUP no 71 Tahun 2016.

Proses penjaringan perangkat Desa dinilai bertentangan dengan PERPUB No 71 Tahun 2016, karena calon perangkat desa terlihat tunggal hanya seorang diri, seharusnya ada dua calon, dan harus mengurus perlengkapan administrasi seperti, surat keterangan dari polisi (SKCK), serta perlengkapan lampiran berkas tentu harus lengkap berkas baru dilakukan proses penjaringan oleh Panitia.

Kebanyakan peserta tunggal, calon yang lain tidak lengkap sehingga terkesan peserta bersifat formalitas saja katanya dalam surat BPD Biouti tersebut. Kemudian kaur keuangan juga tidak dilakukan penjaringan dengan alasan Kades tidak mendesak dan Kaur keuangan tetap. BPD Biouti meminta kepada Bupati agar membatalkan penjaringan yang tidak sesuai PERPUB, dan diminta agar diulang proses penjaringan sesuai PERPUB No 71 tahun 2016, agar proses transparan, jujur tidak campur kepentingan pribadi.

Selain itu ada Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) belum dibentuk hingga sekarang dan selalu BPD mengingatkan namun hingga sekarang tidak direspon,meminta kepada Bupati agar dibina kades Biouti yang lalai dalam melaksanakan kewajiban serta tidak mengutamakan kepentingan pribadi.

Loozaro Zebua

Laporan: Loozaro zebua MPINias

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here