Dugaan Penyalahgunaan Wewenang   Oleh Aparat Pemerintah

0
208

... duga akibat kelalaian beberapa  perusahaan (PT) yang terkait pencemaran lingkungan hidup misal nya PT. MULIA TANI JAYA (PKS),PT. MAR / MAKMUR ABADI RAYA, CV. MAKIN MAJU (PKS) dan PTPN IV Ujar Nurmala Cihouta Ginting, SH ketua Advokat Bersatu PHLHPN.

PATRIOT INDONESIA ( MPI )Medan  Juli 2020 – Menurut Hasil investigasi dan observasi dari pihak Advokat Bersatu PHLHPN secara langsung maupun wawancara kepada warga terkait adanya dugaan penyalahgunaan wewenang dilakukan oleh Bupati Langkat, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Langkat, Kepala Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang Langkat, Serta Kepala Camat langkat tentang pencemaran lingkungan hidup yang telah terjadi bertahun-tahun,

Akibat terjadi pencemaran menahun. Maka kerusakan lingkungan hidup tidak dapat di hindari, yang berakibat  lebih luas dan menimbulkan banjir dan longsor. Perhal ini di duga akibat kelalaian beberapa  perusahaan (PT) yang di tengarai melakukan pencemaran lingkungan hidup yaitu PT. MULIA TANI JAYA (PKS),PT. MAR / MAKMUR ABADI RAYA, CV. MAKIN MAJU (PKS) dan PTPN IV Ujar Nurmala Cihouta Ginting, SH ketua Advokat Bersatu PHLHPN.

Hal ini mungkin saja lantaran dari pihak Pemerintah minim nya dalam melakukan pengawasan yang dilakukan terhadap ekosistim lingkungan yang berdampak negatif bagi tata kehidupan masyarakat dan berakibat lingkungan yang tidak sehat dan bersih. Sehingga perbuatan ini masuk dalam katagori melawan hukum (Pasal 1365, Pasal 1367) KUHPerdata, dan Pasal 9 ayat 13 UU No. 39 tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia sambung Nurmala.

Selain itu juga melanggar wewenang tentang Pasal berlapis, Pasal 37 ayat 1 UU No. 32 tahun 2009 tentang Pelanggaran Terhadap Prosedur Penerbitan Izin Usaha atau Kegiatan, pasal 8 PERDA No. 4/2006,Pasal 63 ayat 1, ayat 2 UU No. 18 tahun 2009, Pasal 109 UU No. 39 tahun 2014,UU No. 26 tahun 2007,Pasal 58 ayat 2 dan  Peraturan Pemerintah No. 42 tahun 2008.

Nurmala menghimbau kepada Gubernur Sumatra utara, Ketua DPRD dan Diskrimsus Polda Untuk menindak lanjuti aduan masyarakat langkat Sumatra Utara.

Laporan: Catur. S/ Yudi.Y jurnalis MPI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here