Destinasi Wisata Alam Hutan Bambu Cibitung

0
276

PATRIOT INDONESIA (MPI) Cibitung – Satukan langkah pasti untuk. lindungi Kali Bersih serta Konservasi Hutan Bambu di Cibitung kiranya kiranya menyatupadukan langkah dari Dedi Kurniawan, S.Sos, dan Eko Djatmiko dari Komunitas Save Kali Cikarang, Agah Handoko dari Cikarang Corner serta Agus Yusbiyadi dari Brigade Anak Serdadu (BAS) untuk menjaga pohon” bambu di sepanjang bantaran Kali Cibitung tepatnya di Desa Suka Danau, Kecamatan Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi menginisiasi Destinasi Wisata Alam Hutan Bambu Cibitung.

Di lokasi Hutan Bambu Cibitung yang teduh dan sejuk memang masih belum dibangun fasilitas Wisata Kuliner atau Spot- spot foto yang instagramable atau selfi yang memadai tapi keasrian dan kerimbunan pohon bambu membuat kesan yang membetahkan pengunjung.

Menurut Dedi Kurniawan, S. Sos yang juga Ketua Harian Komunitas Save Kali Cikarang serta salah satu penggagas Hutan Bambu Cibitung ini, bahwasannya di lokasi hutang bambu sepanjang hari itu adem meskipun diterik matahari angin semilir berhembus sehingga betah berlama-lama di lokasi terlebih lagi dirinya hobby memancing dan ada spot mancing yang masih banyak terdapat Ikan Baung, Tawes dan Mujair berukuran besar bahkan dirinya pernah dapat ikan Belida yang sejatinya ikan Sungai Musi dan jadi bahan baku utama pembuatan Empek-empek asli Palembang.

Tambah Eko Djatniko sang Ketum Komunitas Save Kali Cikatang bahwa Hutan Bambu ini perlahan tapi pasti akan diwujudkan sebagai destinasi wisata. Track atau jalut Arung Jeram atau Sisir Sungai akan menjadi wisata yang seru ditambah kuliner khas Kabupaten Bekasi serta oleh-oleh khas Bekasi akan ditonjolkan untuk membangun ekonomi masyarakat sekitar.

Menurut Dedi yang diamini Eko salah satu penyebab kerusakan lingkungan hutan bambu dan ekosistem sungai adalah pencemaran untuk itu upaya mencegah tangkal kerusakan lingkungan adalah terus bersama masyarakat dan pengusaha sekitar untuk tidak mencemari Kali Cikarang.

Diharapkan Hutan Bambu Cibitung ini pengelolaannya dan pemanfaatannya dapat mensejahterakan masyarakat dan tidak menimbulkan bencana alam. Keseimbangan pembangunan ekonomi, sosial dan lingkungan hidup merupakan satu-satunya pilihan yang wajib diwujudkan di Hutan Bambu Cibitung.

Strategi kebijakan Pro Job, Pro Poor, Pro Growth dan Pro Environment adalah keniscayaan.

Ketahanan lingkungan hidup meliputi upaya pemulihan atau perbaikan lingkungan dan pengelolaan Sumber Daya Alam yang senantiasa mempertimbangkan daya dukung serta daya tampung lingkungan sehingga tercapai stabilitas ekonomi dan sosial dengan dilambari “Win Win Solution” antara pengusaha pabrik sekitar dengan masyarakat seputaran Hutan Bambu Cibitung, pungkas Dedi.

Laporan: Agus Yusbiyadi Jurnalis/Dewan Redaksi MPI

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here